Jangan sepelekan kaum marjinal

Saya pernah membaca komen2 yg bernada ejekan disalah satu forum mengomentari mtr Kawasaki Ninja KRR yg d pakai pedagang keliling. Klo dilihat mtr tsb harganya 25 jutaan tp knpa koq d pakai utk jualan keliling dari beberapa komentar tsb. Tersirat suatu maksud yg menyatakan, gimana mungkin tukang berpenghasilan serendah itu bs beli mtr dgn hrga puluhan juta.

Dalam kehidupan sehari2 sy mencoba membaur dgn mereka. Salah seorang teman sy bapaknya adlh pedagang bakso keliling dan kalau pagi dia jualan bubur ayam keliling. Teman sy itu bs kuliah sampai sarjana berkat usaha bapaknya tsb. Saya pernah bertanya pd bapaknya itu. Kira2 Pak dlm semangkuk baso atw bubur ayam yg bapak jual untungnya brpa, Pak. Awalnya dia enggan utk menjawabnya tp akhirnya d jawab jg. Ya paling ga separuhnya deh gtu katanya. Harga 1 mangkok bakso rata2 adlh 6000 perak. Dalam sehari si bapak bs menghabiskan 100 mangkok dan itu selalu habis katanya. Ya Kalo dihitung2 ajalah jika sehari 3000×100 udah berapa? Terus dikali lagi 30 hari dlm sebulan? Jawab sendiri ya.

Didepan lapak sy ada pangkalan ojek..kalo dulu ojek dikenal dgn mtr butut dan tukangnya dgn pakaian seadanya. Tapi ga gtu dgn pangkalan ini. Motor2nya rata2 keluaran 2008 k atas walaupun rata2 d beli dgn cara kredit. Cara berpakaian tukang2nya jg rapih2 bersepatu, celana bahan, kemeja..rapih deh pokoknya udh mirip org kantoran aja. Rata2 mrk udh punya langganan. antar jemput karyawan. Dari antar jempur karyawan aja 1 org d kenakan biaya langganan rata2 500.000/bln dan itu blm dr yg lainnya misalnya antar sewa cma k dpn gang atw ke pasar misalnya yg utk jarak 1 km d kenakan biaya 5000. Dalam sebulan mrk bilang rata2 bs menyisihkan uang 1 jt bersih. Beberapa pengojek itu ada yg anaknya udh dpt gelar S1, punya tanah, punya rumah walaupun cma d kampung..semua dr hasil mengojek.

Teman saya ada yg lbh pilih jd tukang sayur nerusin usaha bapaknya katanya drpd kerja. Pdhal dia itu klo mo kuliah bs2 aja..kakak2na udh bergelar S1. Walaupun hrs bangun pagi2 buta dan berjualan d pasar yg sumpek, bau amis d mana2 tp dia bs santai bebas katanya. Siang dia udh bs pulang dan menikmati hasil bersih kalo sepi 100.000/hari itu klo lg sepi tuh kata dia..hasilnya dlm usia kepala 3 dia udh bs punya rumah sndri plus 1 pintu kontrakan dan 2 mtr baru walaupun kredit.

Walaupun tidak semuanya sukses dan berhasil artinya tidak hanya org kantoran yg berjas dan berdasi aja yg bs menikmati hidup. Iya klo duit yg d dpt halal..klo hasil korupsi gmna? Semua udh ada rejekinya..gtu kata orang2 tsb. Dan emang benar sih..walaupun mrk terlihat sdh mapan tetap aja mrk berusaha keras utk mencapai kemajuan. Kemajuan bukan qta yg menilai tp org lain..gtu kata salah seorang dr mrereka.

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s