Lebih baik diberi kail dan pancing daripada diberi ikan

Akhir-akhir ini banyak acara di televisi yg sepintas membuat kita terharu dan tumbuh empati dari dalam diri kita untuk menolong. Dengan memberikan sejumlah uang, membantu memperbaiki/merenovasi rumah yg sudah hampir roboh, memberikan sembako tapi coba perhatikan. Apakah semua itu sifatnya permanen?

 

Walaupun sangat dibutuhkan, uang dan sembako adalah benda konsumtif. Cepat atau lambat pastilah akan habis. Tak pernahkah dipikirkan keberadaan orang-orang yg ditolong tersebut setelah acara tersebut berakhir?Adaseorang teman saya yg kebetulan tetangga kampungnya masuk dalam acara seperti itu. Diceritakannya kalau barang-barang hasil pemberian dari acara tersebut kini telah ludes dijual dan semua sembako-sembakonya sudah habis untuk konsumsi sehari-hari. Keluarga tsb kembali hidup menderita.

 

Keberadaan orang-orang tsb bukan berarti karena mereka malas bahkan dalam hidupnya mereka termasuk orang yg paling gigih berjuang demi mencari penghidupan yg lebih layak dimasa yg akan datang. Semangat pantang menyerah mereka itulah yg patut dijadikan teladan. Tapi tetap saja secara finansial apa yg mereka dapatkan tidak mencukupi untuk kehidupan sehari-hari. Maka dari itulah kenapa kehidupan mereka seperti itu.

 

Adaistilah, berikanlah pancing dan kail daripada memberikan ikannya.Adabaiknya kalau orang-orang tersebut di carikan pekerjaan sesuai dengan keahlian atau keinginannya. Dengan pekerjaan yg mapan dan pendapatan yg cukup masa depan terjamin dan kehidupan keluarga berangsur membaik. Berikanlah mereka-mereka itu lapangan pekerjaan daripada sekedar uang dan sembako yg kelihatannya ‘wah’ tapi pada akhirnya tak berarti.

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Lebih baik diberi kail dan pancing daripada diberi ikan

  1. Tojezh Fps berkata:

    Waw,,,,,mantabbb Brrooo….aku setujuu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s