‘yakin yg penting dengkul?’

istilah ‘yg penting dengkulnya’ udah sering dengar dikalangan pesepeda. Sebenernya ada banyak otot yg jd modal genjot sepeda selain kaki kekuatan otot perut dan tangan jg sedikitnya ambil peranan.

Biasanya obrolan ga penting ‘yg penting dengkul’ itu klo udh menyangkut komponen2 yg mahal. Sebagai pemakai komponen kelas menengah, ane TIDAK memandang sinis pd pemakaian komponen yg mahal dan TIDAK JUGA mendewakan pemakaian komponen mahal. Itu yg perlu digarisbawahi terlebih dahulu.

Pabrikan komponen ga akan bikin barang dengan kelas yg berbeda kalo ada istileh yg penting dengkul. Contohnya RD walaupun fungsi dan kegunaannya sama resistensinya akan berbeda kelas antara kelas hi-end, mid to low dengan low end.

Lantas kenapa koq atlet sepeda gunung dengan kemampuan yg rata2 sama memakai sepeda berbagai merk yg sekelas tidak bisa menang satu sama lain. Pastinya itu bukan karena faktor sepeda atau komponen apa yg menempel disitu tapi faktor2 lain terutama hal teknis dilapangan. Istilah klisenya dalam setiap pertandingan pasti ada yg menang dan ada yg kalah. Itu mahfum adanya.

Tapi yg utama adalah stamina. Stamina pesepeda pemula ga sama dengan yg sudah biasa bersepeda, yg sudah biasa bersepeda (hobies) jelas ga sama dengan atlet balap sepeda. Seumpama, seorang pesepeda XC enthusiast yg udah biasa naik turun gunung jika dibekali Scott 899 full XTR tak akan mampu mengimbangi performa atlet sepeda gunung dengan Polygon Cozmic misalnya Karena yg utama adalah stamina baru setelah itu bagian2 tubuh lain yg bergerak termasuk dengkul.

Istilah ‘yg penting dengkul’ atau stamina emang mutlak adanya kalo si pesepeda punya stamina yg jauh berbeda, semisal si awam pegang 899 dan si XC enthusiast pegang Cozmic CX pasti yg pegang Cozmic yg akan menang karena staminanya udah terlatih. Tapi jika keduanya sama terlatih yg pegang Cozmic ga akan bisa menang melawan yg pakai 899 kecuali ada faktor2 lain yg memungkinkan si pemakai Cozmic menang.

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s