Bawa sepeda MTB pakai motor? Siapa takut!

This man looks on my ties of my MTB on my motorbike. He asks me about that and luckily I could speak english well so I could reply his questions very well.

Kalau punya hobby main sepeda gunung tapi jarak dari rumah ke trail relatif jauh sedangkan tidak punya mobil tapi hanya motor bagaimana caranya supaya hoby tsb bisa terealisasi?

Banyak di forum yg tanya soal gimana cara loading sepeda pakai motor. Hal tersebut sebenarnya simpel dan gampang tapi banyak yg takut dan ragu untuk mencobanya. Bagaimana mau tau hasilnya kalau tidak mencoba?

Saya udah berapa kali ke trail dengan sepeda diikat dimotor. Tidak tanggung-tanggung jarak yg saya tempuh adalah puluhan kilometer karena jarak dari rumah ke trek JPG sekitar 24 km dan menempuh perjalanan tidak lebih dari 1 jam.

Dengan bermodal tali elastis 3 ribuan perak saya membawa sepeda diikat dimotor. Jangan takut dan ragu karena saya pernah menjalankan motor hingga kecepatan 80 km/jam dan tidak ada masalah. Hal yg perlu diwaspadai adalah jalanan rusak, lubang dijalanan atau tanggul/polisi tidur. Perlu ekstra hati-hati kalau melewati jalanan seperti itu karena bisa merubah posisi ikatan sepeda dimotor. Kalau posisi ikatan berubah lama-lama kendor dan berbahaya. Sebaiknya pilih jalanan yg mulus walaupun agak berputar sedikit lebih baik aman. Untuk perjalanan dari rumah saya ke trek JPG kebetulan kondisi jalan mulus sepanjang perjalanan jadi ya tak ada masalah.

Mengenai bagaimana pola bentuk ikatannya, secara teknis saya ga bisa menjabarkan karena tiap motor berbeda. Tapi untuk gampangnya semua motor pasti ada besi behel dibelakangnya dan motor sekarang jg rata-rata footstep belakangnya sudah terpisah dari swing arm. Dari kedua sarana itulah saya saya mengaitkan tali elastis ke sepeda. Tapi yg utama adalah cari posisi aman kedudukan sepeda yg pas dimotor ini penting supaya tidak mengganggu kendaraan yg lain jg. Setelah posisi itu didapatkan baru cari posisi kenyamanan duduk kita. Kalau semua sudah dapat baru tes jalan sekitar 1-2 km aja dulu. Kalau masih belum cocok ubah posisinya. Begitu seterusnya sampai ketemu cara yg pas.

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

