Tips campur oli samping dibensin

Setelah lama meninggalkan motor 2t akhirnya kembali berkutat dengan motor 2t. Saya sekarang ini pake motor andalan jambret tp bukan berarti mo ngejambret lho. Sejak jaman ABG dulu masih doyan ngetrek selalu saya copot tanki olsamnya sama pompa oli jg dicopot. Maklum jaman  doyan pake motor trondol. Ditambah lg saran mekanik sy jg motor 2t itu enaknya oli dicampur dibensin ‘loe lihat aja tuh bajaj..ga ada yg pernah macet!!’ gitu kata dia dulu. Padahal pabrik jg udah capek-capek bikin pompa oli udah dipikirin rasio debitnya sama insinyurnya. Untuk kecepatan rendah sekian, kecepatan sedang sekian, kecepatan tinggi sekian.

Tapi dasar anak muda yg doyan ngetrek lebih doyan nyampur daripada pake pompa oli. ‘pompa oli tuh bikin mesin berat..kalo dia rusak jg lo ga bakalan tau..loe mau mesin loe tau-tau macet?!’ gitu doktrin mekanik sy dulu. Ya akhirnya saya ikutan aja pake campur olsam dibensin. Dengan rasio kira-kira satu botol cap kaki 3 diisi sama bensin full tank. Alhasil mesin macet. Nah lho..koq bisa?!!! Ternyata campuran olsam ke bensin itu harus ada takeran yg pas. Terlalu banyak bikin mesin cepet kotor, asap knalpot ngebul dan busi cepat mati pastinya jg motor susah dibangunin pas mesin masih dingin. Sedangkan terlalu sedikit bisa bikin mesin macet. Waktu itu satu botol cap kaki 3 isinya cuma 200ml sedangkan bensin full tank RX King 9,5 liter. Dengan rasio itu berarti 200:9.5=20.1cc berarti rasio bensin vs olsam cuma 1:20 sedangkan mesin motor yg sering dipake ngebut itu minimal takerannya harus 1:30. Itulah kenapa mesin sy macet waktu itu. Macetnya di stang seher sama bandulnya. Bukan antara seher dan dinding boringan.

Sejak beredarnya Koran Otomotif sy akhirnya melek teknologi permesinan termasuk rasio olsam. Di kebanyakan artikelnya olsam dan bensin itu rasio minimalnya 1:15 untuk jalan pelan-pelan sedangkan 1:35 untuk motor yg dipake ngebut. Akhirnya saat itu kita berburu gelas takeran oli vespa. Disitu tertera garis-garis yg menandakan berapa cc oil yg ditaker. Akhirnya saya pake campuran 100ml untuk tiap pengisian bensin 3 liter yg berarti dapet takeran 1:33.3cc. Sejak itu mesinnya ga pernah macet lg. malah asap knalpot lebih tipis dan mesin bersih karena pembakaran berjalan sempurna.   

Sampe sekarang jg sy kalo isi bensin premium 15 ribu selalu pake bawa takeran 100ml. Ini udah saya siapkan sebleumnya dibotol cap kaki 3 yg selalu nempel dimotor. 

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

92 Balasan ke Tips campur oli samping dibensin

  1. Muhammad Aulia berkata:

    pantesan temen saya vespa corsanya kalo abis isi bensin isi oli juga

  2. abramsp berkata:

    iya. sebab kalo masih terpasang tanpa memakai olsam malah bisa ngerusak gigi2 didalam pompa oli itu sndri. sebab gigi2 tsb perlu pelumasan dari olsam yg mengalir disitu.

  3. deni berkata:

    bang kalo pake oli samping campur bensin kira”
    ganti oli mesinnya berapa bulan sekali?

  4. Ariyanto berkata:

    Kalau boleh tau merk olie buat campuran itu apa ya? Tentunya yang merk bagus dunk.

  5. rikmal riko berkata:

    mesin yang udh oprekan sama yang masih standar takaran rasio-y sama gk bos………?

  6. arta edi suryadi berkata:

    Gue Punya Motor Rx special ..
    Asapnya Ngebul mas ..
    Selang OILSAM nya di copot juga yaa mas ??

    • abramsp berkata:

      coba knalpot sama saringannya dibersihkan dlu..trus blok mesin jg dibersihin semua lubang2nya
      setelan pompa olinya aja yg dirubah. itukan ada baut setelan yg dari kabel gas ke pompa oli. dari luar kelihatan posisinya ada disebelah kanan blok mesin. itu aja diputar2 sampe ngebulnya aga berkurang tp jangan terlalu irit jg nanti salah2 malah mesin jebol.

  7. Ijay Sajalah berkata:

    mas aku coba ikutan sharing,
    mas sempet tulis:

    200ml : 9.5 liter >> 200ml : 9500ml.
    bila di mulai dari 1ml oli berarti 47.5 ml bensin. .artinya 1:45.5 (perbandingan)..sedangkan mas menulisnya 1:20.

    bila nilai perbandingan 1:20, artinya tiap 1ml olsam : 20 ml bensin..
    >>jika ada 200ml olsam maka ada 4000ml bensin atau 4 liter bensin.

    sedangkan mas ambil pilihan 1:30 artinya 1 ml olsam : 3000 ml bensin
    >> 1ml olsam : 3 liter bensin untuk ngebut.

    lalu bila ada tabloid otomotif mengatakan 1:15 untuk santai, artinya . .
    1ml olsam : 1500 ml bensin
    >> 1 ml olsam : 1.5 liter.

    kok buat ngebut malah bth oli lebih sedikit yah ketimbang buat santai ?

    mohon maaf sebelum nya kalau ane salah ngitung juga mas.

    mari kita sharing.

  8. Ijay Sajalah berkata:

    mas aku coba ikutan sharing,
    mas sempet tulis:

    untuk wacana ke-1:

    200ml : 9.5 liter >> 200ml : 9500ml.
    bila di mulai dari 1ml oli berarti 47.5 ml bensin. .artinya 1:47.5 (perbandingan)..sedangkan mas menulisnya kok 1:20 yah ?

    ane coba hitung untuk nilai perbandingan 1:20, artinya tiap 1ml olsam : 20 ml bensin.
    >>jika ada 200ml olsam maka ada 4000ml bensin atau 4 liter bensin..mungkin ini hasilnya mas kalu memakai nilai 1:20. . yaitu 4liter, bukan 9.5liter…

    untuk wacana ke-2:

    sedangkan mas ambil pilihan 1:30 artinya 1 ml olsam : 3000 ml bensin
    >> 1ml olsam : 3 liter bensin untuk ngebut.

    lalu bila ada tabloid otomotif mengatakan 1:15 untuk santai, artinya . .
    1ml olsam : 1500 ml bensin
    >> 1 ml olsam : 1.5 liter.

    kok buat ngebut malah bth oli lebih sedikit yah ketimbang buat santai ?

    mohon maaf sebelum nya kalau ane salah ngitung juga mas.

    mari kita sharing..

    nich aku punya sampel buat harian, , ,dari hasil coba coba. dgn catatan memakai 200ml olsam.. dan ada 2 harga b.b.m yaitu Rp 4500 dan Rp 6500:

    begini kisahnya

    skala oli:
    1:20
    200 ml oli : 4000 ml bbm
    200 ml oli : 4 liter bbm
    4000/200> 20 # (0.05%)

    Harga 6500:
    25rb>3.84L >0.052%>190ml.
    30rb>4.61L >0.043%>230ml.
    35rb>5.38L >0.037%>270ml.
    40rb>6.15L >0.032%>307ml.
    45rb>6.92L >0.028%>345ml.
    50rb>7.69L >0.026%>385ml.
    55rb>8.46L >0.023%>425ml.
    60rb>9.23L >0.021%>460ml.

    Harga 4500:
    18rb>4.00L >0.05%>200ml.
    25rb>5.55L> 0.036%>280ml.
    30rb>6.66L >0.030%>333ml.
    35rb>7.77L >0.025%>390ml.
    40rb>8.88L >0.022%>445ml.

    keterangan:
    kolom 1>>harga rupiah, mis: 25rb.
    kolom 2>>jumlah volume bbm, mis: 5.55L.
    kolom 3>>nilai persen, mis: 0.036% artinya belum mencapai 0.05% (nilai tuk 1:20).
    kolom 4>>olsam yg dibutuhkan jika mengisi, mis: 280ml.

    *diambil sampel isi bbm Rp 25.000, stok bawa olsam cuma 200ml, maka persen nya menurun jadi 0.036%, dan harusnya bawa stok olsam 280ml.

    hehe ngopi dulu ahh

    • abramsp berkata:

      waduh bingung sy baca analisanya gan. dlu wktu msh pake King utk ngaplikasiin kya gini tangki bensin dikuras dlu trus isi bensin seliter campur 30ml olsam (wktu itu olsamnya yg kelas agak2 bagus Castrol 2T klo skrg mungkin namanya Power 1. nah..modal bensin seliter plus olsam 30ml buat jalan ke pom bensin terdekat berartikan perbandingannya 1:30 sambil bwa olsam 200cc trus beli di SPBU 6 liter nah berartikan perbandingannya 1:33 ditambah yg tadi diisi seliter dari bengkel banding 30.
      ga ada patokan yg pas/pasti harus 1:30 atau 1:35 atau berapa..yg jelas dilihat dari kualitas si olsam itu sndri..misalnya pake yg full-syntetic/racing oil ya perbandingannya cukup 1:25 udah sgt bagus bgt utk balapan.

      • Ijay Sajalah berkata:

        yayaya atur aza gmana baeknya, , , ane mau belajar matematika dulu gan

      • aditt berkata:

        mas ijay,,anda salah ngartikan bahasa jalanan mas,,yg dimaksud mas abram itu 1:20 dst sama dengan 1 liter bensin : 20 ml olsam,,
        1:35 sma dngan 1 liter bensin : 35 ml olsam,,
        sesederhana itu aja,,
        ga perlu repot pusing dgn itungan 1 ml olsam ,,ini bukan pembagian matematika gan,, ini kyak sama hal nya bahasa sopir ttg bensin avanza 1:12,,(1 liter : 12 kilo)

  9. om kira kira kalau ngisi 1 liter bensin buat yamaha rx king. ngasih olsamnya berapa ml ?

  10. Ijay Sajalah berkata:

    sipp lah. . .gan.

    pokoke mau perbandingan
    1:25 / 1:30 / 1:35. . .yg penting jangan salah nuang. . .hehe

    • tom berkata:

      1:20 itu maksudnya 1liter bensin banding 20ml oli, bukan 1ml oli banding 20ml bensin haha

      • ilzam berkata:

        klo 1:20 itu jalan’ya enteng sma nggak macet’kan boss ?
        sebaiknya pakai perbandingan yang mna ?
        mohon pencerahan’ya ?

      • abramsp berkata:

        kalo pake olsam yg racing 1:25 cukup gan. tp jalannya jangan keseringan ngebut. 1:20 terlalu sedikit kecuali jalannya pelan2 dan rpm maksimal 4000rpm.

  11. Ijay Sajalah berkata:

    mohon maaf, bang tom. . .

    kalu ente maksud 1:20 itu 1 liter bensin banding 20 ml olsam. Nah kalau 200ml olsam (botol larutan) dicampur 10 liter bensin ? wah ga sesuai dgn coretan bang abraham diatas dong ? bisa jebol mesin dah kayakna. . .

    dipikir karo ngopi

    • abramsp berkata:

      lha ga dong. ente ga baca tulisan ane secara lengkap dan jelas gan. kan yg ane tulis diparagraf 2 itu sebelum ane tahu gimana rasio olsam yg benar. ya ane main nyampur aja satu botol kaki tiga (200ml) dgn full tank bensin RX-King (9,5 ltr) makanya akbiatnya jebolkan.

      harap dibaca lg gan.

  12. oyee d gerson berkata:

    om abram saya punya f1zr nih , sama gak takeran olsam nya sama kya punya om atau beda , pompa olsam saya gak jlan lgi .

  13. Juna Rizky Barus berkata:

    om,per pompa oli ada dijual gak ya om?
    soalnya pernya hilang jadi olinya naiknya lama om.

  14. abramsp berkata:

    bisa setel sendiri..bisa jg minta tolong mekanik. kalo mo setel sndri. sebenernya gampang tp perlu gambaran. itu yg susah ngejelasinnya

    • abuyahyahadiman berkata:

      Oh gitu om…..minta saran lebih baik pakai oli samping atw di copot ?

      • abramsp berkata:

        kalo utk harian mending pake pompa oli tapi kalo buat balap lebih baik campur dibensin. sebab pompa oli itu kadang2 sk telat krna faktor usia/pemakaian. kalo campur di bensin yakin pelumasan tetap berjalan lancar dan mesin tetap awet (lihat bajaj roda 3). kelemahan campur dibensin adalah; takarannya harus benar2 pas kalo kebanyakan busi jd cpt mati klo krg mesin cepat jebol. kebanyakan org cari aman ksi campuran banyakan tp risikonya knalpot ngebul (lihat bajaj roda 3) dan hrs rajin2 bongkar kop silinder buat bersihin keraknya sama busi jg. sebab klo ga digituin paling parah kerak2 itu bsa melukai dinding silinder lama2 mesin jd gampang jebol.

      • abuyahyahadiman berkata:

        Okey om saya pakai buat harian jadi klau terlalu boros harus di stel pompa olinya….

      • abuyahyahadiman berkata:

        Ok om terimakasih sarannya saya pakai buat harian….

  15. wiyastra berkata:

    numpang sharing jg bro kebetulan saya pemakai vespa yg selalu nyampur oli samping ke tangki bensin. Untuk vespa anjuran dari pabrik cukup 2% atau 20ml oli/ liter bensin, tp kita biasanya melebihkan sedikit supaya celah antar komponen pada mesin tua ini tetap terlumasi dengan maksimal. hehehe. campurannya umumnya menjadi jadi 2,5-3%, lebih dr itu malah bikin busi cepat mati krn endapan karbonnya numpuk banyak (tidak hanya di busi tp numpuk jg di piston, ruang bakar, lubang buang, dan knalpot dan lambat laun malah mengurangi performa), dan olsam terlalu banyak sebenarnya membuat campuran bensinnya jd kering (bensin tergantikan oleh oli) tp sering gak ketahuan krn busi terbaca hitam seolah olah kebanyakan bensin (seolah-olah basah).
    Campuran oli samping dengan bensin kurang lebih seperti ini bro
    2% itu sama dengan 2/100 = 20 ml oli/liter bensin = 20:1000 = 1:50
    2,5% sama dengan 2,5/100 = 25 ml oli/ liter bensin = 25:1000 = 1:40
    3% sama dengan 3/100 = 30 ml oli / liter bensin = 30:1000 = 1:33,3 ,
    Disini persentase, perbandingan dan campuran (misal) dari 2%, 1:50, 20 ml oli/ liter bensin terlihat seakan-akan berbeda. namun sebenarnya itu berada pada titik yg sama.

    kalau 200 ml oli dicampur dlm 9,5 liter bensin jadinya 200/9500 (satuannya harus disamakan).
    hasilnya 1:45 atau 22,2 ml oli / liter bensin, nah ini perbandingan awal dengan botol cap kaki tiga.

    nah campuran yg masbro dapatkan dengan gelas takaran dr toko vespa disebutkan 100 ml oli untk dicampur 3 liter bensin, maka didapat 100/3000 = 1:30 atau 33,3 ml oli/liter bensin atau 3,3%

    Untuk motor-motor 2tak khusus seperti suzuki satria 120, kawasaki ninja 150, honda nsr 150 serta motor 2 tak impor sebaiknya gak sembarangan melepas pompa oli sampingnya krn pompanya punya jalur khusus gak hanya ke karbu tapi ke bearing crankcase. Ketika pompanya dicopot bearing kruk asnya memang tetap terlumasi (dapat dr oli yg terbawa bensin) tapi pelumasannya bearing tsb gak akan sebaik ketika pakai pompa.

    • abramsp berkata:

      takeran olsam yg sy pake jg punyanya Vespa yg banyak dijual dibengkel2. emang per 1 strip digelas takar itu cuma 20ml. TAPI jgn lupa..purpose/rancang bangun mesin Vespa itu utk motor santai mas. sedangkan motor 2t Jepang itu umumnya diciptakan utk performance. kalo King, Satria 2 tak atau Ninja pake rasio 1:20 ya cpt tewas mesinnya.😀
      dan sy setuju bgt sama pendapatnya yg terakhir itu. lebih baik emang pompa olsam itu jangan dicabut. apalagi kalo motor buat harian. campuran yg paling pas dan paling akurat ya cuma pake pompa olsam. kecuali kalo si pompa udah mulai ngaco. nah..makanya disini sy tulis ada baiknya olsam dicampur dibensin. emang sih. kita harus lebih sering servis minimal bersihin ruang bakar di kop silinder tp mesin lebih terjaga. dan ga jelek2 amat koq hasilnya kalo soal keawetan pake sistim campur ini. mau bukti? lihat aja tuh bajaj roda 3. masih pd jalan semua umurnya kan udah 30an tahun lebih tuh. bisa hidup koq tanpa pompa olsam.😀

  16. wiyastra berkata:

    Sori bro, ralat bearing kruk as maksudnya

  17. agung berkata:

    berarti gan 100 ml u/3 liter 200 ml u/6 liter,,mohon pencerahanx gan

  18. Leonard Binsar berkata:

    Bos, denger2 pompa oli king 97 jelek katanya ya? pls sarannya ya, thanks

    • abramsp berkata:

      ga jelek sih. cuma pas King keluaran thn segitu dipakein alat yg namanya YCLS dipompa olinya. sebenarnya bagus buat efisiensi olsam..cuma gara2 alat ini mesin jd cpt panas. soalnya olsam yg masuk di setel pas. sedangkan mesin 2t olsam itu spt darah pd manusia. lebih baik olsam yg masuk agak banyak tp mesin aman drpd disetel ngepress tp mesin cpt panas.

  19. Rama berkata:

    Mas saya punya motor Suzuki 100, yg kaburator nya didalam blok mesin. Nah itu takeran olsam nya sama aja ngga? Makasih😀

  20. abramsp berkata:

    sepengetahuan sy itukan buat wadah olsam ke pompa olsam. nah skrg ke pompa olinya jalan ga? kalo buat mo gaya2an doang ya silahkan.

  21. tom berkata:

    kl dikira2, 1liter bensin brp kali tutup botol larutan’y ya takeran’y yaa kl pke tutup botol larutan oli’y??

    • abramsp berkata:

      wah. ga tau kalo pake cara gitu gan. kalo mo enak sih beli aja takeran oli vespa. modelnya kya gelas ukur kecil. banyak dijual ditoko2 onderdil/bengkel motor. satu gitu 100ml berarti kalo setengahnya 50ml. nah situ campur 3 strip aja digelas takeran itu. berartikan 30ml. pas dah segitu utk pemakaian normal mo kenceng2 jg masih aman.

  22. dicky berkata:

    bro, mtr ane udh korekan harian n oversize 100. kira2 takaran buat 1liter brpa ml y oli nya ????

  23. aji berkata:

    bro ane mau tanya dong.sebelumnya motor ane pake oli campur karana aga ribet trs ane activin lg tuh pompa oli.eh malah lebih boros.2 hari bisa satu botol.nah pertanyaan,kenapa bisa lebih boros pake pompa oli ya,seharus berapa untuk menggunakan oli terpisah

    • abramsp berkata:

      minta stel aja gan pompa olinya. biasanya bengkel pinggir jalan bsa koq. tp jgn minta setel sm tukang tambel ban yah dia ga ngerti kalo soal kya gituan taunya ya cuma ban motor aja. mending bengkel yg emang2 bener2 nanganin mesin motor. apalagi yg udah lama. biasanya udh jago setel pompa olsam.

  24. dedi saputra berkata:

    klo ngisi 1 liter brapa oli campuran yg harus di buat

  25. adi berkata:

    Bensin campur…..
    Izin share yg om bram…karena saya pegang king juga,selama ini dari pure nyampur,pake pompa dan sekarang yg trakhir pake pompa tapi pake stelan gigi sepeda,menurut ane dari ketiga diatas yg pas dgn mesin motor yg ketiga.
    Awalnya sih iseng lihat king org lain pake gigi sepeda,usut punya usut ane punya bengkel langganan di perumnas depok (emang dia lama megang king,dulu juga punya king)terus ane konsultasi sama beliau sekalian tanya utk apa king di jalan pada pake gigi spd ternyata dijawab beliau itu sekedar trik utk efisiensi olsam sebetulnya,kalo mau irit-boros setelan gigi sepedanya tgl dirubah sesuai kebutuhan,disatu sisi juga meringankan puntiran gas,sebab kabel pompa oli di gas sdh diputus oleh karena pemasangan by pass operan gigi.Nah buktinya adalah saat ini,ane pasang perangkat tsb dari 2013 sampe sekarang ok2 aja,tp fyi ane tetep nyampur ke tanki 1L : 10 ml olsam,alasannya supaya jaga taanki didalam ga berkarat lantas bolong/ bocor.Sbtlnya pure nyampur juga ok,tp yg perlu dicatat,kita harus disiplin dgn takaran,lebih boleh kurang jangan….idealnya sih 30-35 mili utk seliter bensin dan oli samping minimal spesifikasinya jaso fc keatas,sekarang ane pake yamalube 2T(isi,aromaa dan spek sama dgn eneos) dan idemitsu 2T(isi,aroma dan spek sama dgn kawasaki genuinne oil 2T).Thank’s om bram.

    • abramsp berkata:

      emang campuran yg paling pas dan bener itu pake pompa olsam. cma ya musti rajin2 d periksa setelannya. sebab kadang2 dia berubah sndri. kurang/lebihnya samalah kya karbu.

      • adi berkata:

        Kenapa pompa olsam ane by pass,itu bukan tanpa sebab. Hal ini dikarenakan ketika mengunakan pompa tsb, pnh ada kejadian di tengah jalan lagu ngebut tiba tiba slongsong gas enteng….pikir ane “wah asyik niy mungkin kotoran di dalam kabel akhirnya rontok juga”,tp ane di jalan juga sambil berprasangka juga “apa jangan2 kabel gas yg utk narik slongsong pompa olsam putus ya?” ,kbtln ane slalu bawa toolkit,berenti dulu di pinggir jalan ane buka tutup blok pompa olsam,dan ternyata bnr kabel gas utk olsam “putus”,sebetulnya sih oli sanping tetap terdistribusi ke karbu,namun hanya berdasarkan setelan mesin “idle”,artinya mo pelan mo lambat aliran olsam segitu2 aja,pikir ane krn tujuan ane masih jauh,sebelum terlambat,kebetulan ane punya akal tuk mindahin semua oli di tanki oil ke tanki bensin,tuk sementara waktu pikir ane dlm kondisi darurat.rada kurang percaya sih dgn pompa olsam setelah kejadian tsb,meski diawal developnya itu insinyur jepang ingin memberikan nilai plus utk kemajuan teknologi 2T.

    • setiawan berkata:

      itu gir sepeda jadi kaya setting CDI satria FU ya gan jadi kalo lg mau daily ma sport bsa swtich, tp kalo lg d kondisi traffic apa bsa d bikin quick switch na
      kalo FU kan ada tombol mapping ECU

    • Adi berkata:

      Bang adi ,,, sama nama ny ama ane ,,,😛
      Bengkel king yg d Depok dmn nya bang? Nama nya apa ?
      Blh bang mnta alamat detil ny ?
      Kmren nongkrong ama bocah limo Depok jg ada yg blng gtu tp ane msh lom paham gtu, mksh bang adi
      Skalian klo ada yg reccomend bengkel spesialis rx king yg ajib dmn yaa ?

  26. Yayan berkata:

    Ulasan yang menarik… Saya lebih suka dicampur langsung dengan BBM di tangki dan menonaktifkan Pompa Oli Samping….🙂

  27. leo berkata:

    sedaaap gan.. pokonamah 2tak salawasna!!
    *hati-hati banyak beredar olsam palsu

  28. zibets berkata:

    Bro. Mau nanya dong. Motor saya rx king 2000. kenapa asap motor saya ga bisa wangi. Padahal uda sgala jenis merk oli samping ud say coba. Tapi ga ada yg wangi. Apa penyebabnya ko bisa gitu bro???

  29. noell vw berkata:

    Jadi klo motor qingqi 3 liter berapa ml olsam

  30. Gant Kalo Ngurusin Satria Ru Gimana

  31. Ginting berkata:

    Kalo pompa olinya hidup, campuran ke bensinnya brapa mas ? Motor ane rx king

  32. selamat siang mas Abramsp?. .

    ikut shering mas.
    saya mau tanya?

    mas saya punya fiz R thn 97. suka saya bawa jakarta – Bogor seminggu sekali, dan entah gk tau kenapa tiba2 fizr nya mati gk mau nyala sama sekali, saya cek busi sama karbu saya buka dan saya bersihin di karbu karena karbunya berembun karena saya ganti pake RX-King. di situ tetap gk mau nyala dan saya coba buka busi ternyata businya mati gak ada api sama sekali, terpaksa saya nyari busi baru. saya dapet busi baru saya pasang dan lancar kembali. setelah saya hampir sampai tiba2 mati lagi, dan busi baru saya mati lagi. gk ada api lagi, dan sering banjir dan busi pun cepat basah?. .

    Besoknya saya buka dan saya cek semua ternya pompa olsam nya keluar banyak, jadi gk seimbang dengan bensin. kebanyakan Olsam, makanya banjir dan suka cepat mati kena busi.

    ini yang saya mau tanyakan sama Mas?.
    pompa Olsamnya saya copot dan Olsamnya saya campur ke tangki bensin,
    perbandingan bensin dan Olsam. yang saya masukan setiap saya isi 1 Liter bensin saya masukan Olsam (1 tutup botol Olsam CASTROL Activ) kalo isi bensin 3 Liter saya masukan (3 tutup botol Olsam CASTROL Activ).

    Tolong jawabannya.
    Trimakasih

    • abramsp berkata:

      wah..kalo pake tutup botol olsam ga ketahuan tuh brp mili liternya. mending pake gelas takar aja gan. beli di toko onderdil klo dibengkel biasa udh jarang yg jual. di gelas takar itu ada garis2 yg menandakan per 10 ml misalnya strip 1 berarti 10 ml strip ke 2 berarti 20 ml.

      • Olly berkata:

        Om klo copot pompa olsam . Lobang selang olsa yg di karbu di tutup rapet ya ? Terus harus copot bak kopling ga untuk copot pompa olsa nya?

      • abramsp berkata:

        motornya apa nih? lubang saluran olsam di karbu ditutup aja masgan. bak kopling ga usah dibuka..copot aja pompanya.

  33. Adi berkata:

    Gan kabel olsam udh d lepas tp knpa sisa oli yg d tangki oli bisa ikutan abis kesedot jg ya ?
    Mohon pencerahan nya ,,, fyi ane Motul abis cm 3 hari pdhal mesin standar cm os 50 si king jagur ane
    Apakah pompa oli ny yg rusak atau apa nya gan yg rusak ,,, mksh sblm ny gan

    • abramsp berkata:

      kabel yg ke handel gas maksudnya? itu biar kabelnya dilepas tapi kan pompa olinya tetap mengalirkan oli ke mesin karena pompa oli kan kerjanya ngikutin putaran mesin. kalo yg di gas itu ibarat kerannya. makin di gas gede..makin deras aliran olinya. kalo gas ditutup ya kecil. kalo kasus spt agan itu musti dilepas pompa olsamnya..klo emang mo bener2 dicampur d tangki. total dilepas semua.

    • Adhi berkata:

      Copot aja pompa olsamnya gan,sbb sepengetahuan aye pompa olsam 96 keatas suka berubah setelannya,takarannya ikuti saran om abram. Nah agan nanya bengkel specialist rx king diseputaran depok kan,aye biasa di perumnas depok bengkelnya rumahan(persis dpn gereja HKBP perumnas depok)mekaniknya gape utk soal rx king soalnya doi jg pny rx king dan biasa ngelayanin king aye.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s