Pengakuan mantan joki jambret: RX KING memang handal untuk ngejambret!

Secara kebetulan saya ketemu sama temen satu tongkrongan dulu. Di tahun 90 an saya dulu sering nongkrong dibengkel teman sekedar ngobrol sambil utak-atik RX-King kesayangan. Dari beberapa teman itu ada yg joki balapan liar. Sampai ujung tahun 90 an saya ga pernah dengar kabarnya dia lg sampai beberapa hari lalu saya ketemu lg dengan dia. 

Cerita punya cerita ternyata dia udah melanglang buana ke mana aja. Terakhir dulu emang saya dengar dia masuk penjara tapi bukan karena dia jd joki jambret tapi kena kasus yg terbilang ‘ringan’ seperti misalnya mabok, berkelahi atau judi. Dia sebenarnya ga berjiwa kriminal; karakternya bukan orang jahat. orangnya kalem ga banyak ngomong tapi kalo udah diatas RX-King andalannya dia tak terkalahkan. Karena kelihaiannya itulah dia ga pernah kena. katanya dia cuma ‘membantu’ aksi penjambret yg diboncengnya. Selebihnya dia dapat imbalan itu aja sih sebenarnya.

Ga seperti RX King jaman sekarang yg rata-rata udah pake stang ninja atau stang jepit. Trend King tahun 90an adalah pakai stang orisinilnya atau istilahnya stang 3/4. Stang ori RX King model begini bikin RX King enak buat ngutik istilahnya. Korekan mesin King jaman dulu ga menganut sistim drag seperti sekarang ini yg perlu napas panjang-panjang. Pokoknya motor diseting supaya enak ngegentak jarak 100 meter aja motor lain sih putus. katanya.

Obrolan soal operasinya yg dibilang mungkin udah ratusan kali. Dia bilang sih ga terhitung. Awalnya sih cuma iseng ada seorang kawan (yg dia ga mau sebut identitasnya) pokoknya ketemuan disini terus operasi. Temennya itu yg survei TKP trus si joki orientasi cari jalan tikus buat kabur. Berminggu-minggu mereka harus belajar lokasi di TKP termasuk kalo sampe gagal karena massa yg temen sy bilang dia bersyukur ga pernah di massa (maksudnya digebukin massa)

Kisah yg paling seru dia bilang sampai pernah dikejar polisi. Hampir ditembak tp dia buru-buru masuk gang sehingga polisi tsb ga bisa nembak karena banyak orang lain disitu. dia jg pernah tabrakan pas lg operasi tp orang yg nabrak itu ga tau kalo dia lg ngejambret karena udah jauh dari TKP. Pengalaman kejar-kejaran jg pernah di lakoni nya mulai. Waktu itu operasinya di bilangan Tebet dia sampe harus kabur sampe Duren Sawit karena si korban tetap terus mengejar. 

Dari semua operasinya dibilangnya 99% berhasil 1% batal karena risiko di TKP yg ga memungkinkan. Soal duitnya dihambur-hamburkan aja ga jelas buat apa. dia bilang sih uang panas ya harus dihabiskan dengan cara yg panas jg. dari hobynya main judi ketahuan ga ke mana lg selain itu jg ya buat modalin motor.

Terakhir saya tanya mau operasi lg ga. dia bilang masa lalu. Sekarang orangnya udah insaf ga mau aneh-aneh lg. Udah nikah apalagi punya anak kembar, cari duit dengan cara yg halal. Yah itulah yg lebih baik

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Pengakuan mantan joki jambret: RX KING memang handal untuk ngejambret!

  1. Wach berita nya seru gan.
    Gan ane mau beli rx king yg keluaran akhir. Yg surat surat nya masih lengkap. Pajak m0t0r nya msih hidup. Itu kira kira 7 jt dapet gak y gan.

  2. hafidz berkata:

    Lebih baik mantan preman, dari pada mantan kiyai.
    # keep safety riding #

  3. Ariel Kharisma berkata:

    Gan, ane anak muda baru 17 tahun mau beli motor pertama ane (dulunya pake punya bokap) nah ane demen sama King

    Nah bisa minta saran agan kalo King tu yang paling bagus sebetulnya keluaran tahun berapa ? Makasih

    • abramsp berkata:

      klo yg paling bagus sy bilang sih yg keluaran 83 gan. cm lihat2 kondisinya..klo yg masih full ori pastinya harganya sama kya Vixion yg baru gan.😀 atw King seri terakhir aja yg keluaran 2006..tp jgn harap bsa lari sekenceng yg keluaran lama soale dia ditahan sm knalpot yg udh Euro 1 sm CDI limiter. nah..utk enaknya ente ambil yg 90an aja gan. rapihin mesin dikit jg udh joss lg.

  4. newbiedian berkata:

    Asslamualaikum..
    gan mw tanya ni, klu Rx king tahun 97 gmana utk msin sma performance nya..soalnya utk cari yg tahun 83 atau sesudahnya susah klu untk di daerah sy bangka belitung. klu sy sih gk trlalu suka di korek msin nya sayang soal nya..jdi hanya sbtas bobok knalpot aj..sama ganti velg 17..mhon share nya gan? mksih

    • abramsp berkata:

      Sy pernah punya King 97. sebagian udah produksi Indonesia jg kya blok mesin serinya udh YP bukan Y. performa bagus koq. asal ketemu brg yg bagus aja. sukur2 klo masi ori.

      • newbiedian berkata:

        ya..klu untk blok msin mmg YP-2 king master sbutan org2 sih dibwah nya kobra mmg klu di daerah sy kbnyakan thun 96 ma 97 bnyk dipkai slebihnya thn 2000an ke atas, dpt yg thn 94 aj ssh..klu pn ad king kobra udh gk ori lgi..allhamdullh klu pnya sy sih msh shat msinnya blm prnah bongkar..msh ori kcuali tmpilan nya da di bka2 udh dri pas beli soalnya he2..oke gan mksih da mw share dkit…slm knal ya dri anak bangka belitung (Babel).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s