Tips bagi yang rumahnya sering Kebanjiran

banjir-pondok-jaya-1-140129b

Istilah rumahku istanaku pasti berlaku untuk semua orang. Gimanapun jeleknya toh itu adalah tempat tinggal kita sendiri. Lepas dari apa kita ngontrak atau sekedar punya gubug reot sekalipun, itu adalah benda berharga yang harus kita jaga sebagai tempat kita berlindung. 

Mungkin kalo kita ngomong gimana mengatasi banjir ga akan abis-abisnya supaya banjir itu ga akan datang lagi. Bukannya skeptis; tapi itulah bencana yang terjadi di Jakarta; dan patut kita syukuri, Jakarta ga seperti daerah lain yang mengalami bencana alam lebih parah dari Jakarta.

Kalo ga mau kebanjiran ya jangan tinggal ditempat rawan banjir tapi kalo misalnya kita udah tinggal disitu turun temurun dari nenek moyang misalnya atau orang yang ga punya pilihan atau alasan-alasan lainnya itu yang susah baginya supaya pindah. Nah sekarang berarti kita sendirikan yang harus menyesuaikan diri? Trus gimana..berikut tips dari saya yang mungkin berguna:

 1. Pikirkan baik-baik mengenai pemilihan furniture. Furniture seperti rak, lemari dan meja sekarang ini biasanya dibuat dari serbuk gergaji yang dipadatkan. Kelebihan furniture jenis itu adalah ringan dan desainya juga elegan sehingga terkesan mewah. Tapi peralatan seperti itu ga berlaku kalo Anda tinggal diwilayah rawan banjir. Pilihlah furniture dari bahan plastik atau alumunium atau kayu jati, meranti dsb

2. Letakkan pakaian ditempat yang lebih tinggi. Siapkan pakaian cadangan pada kantong plastik. Disaat banjir menyerang otomatis suhu menjadi sangat dingin dan lembab dimana-mana. Diperparah oleh hujan atau gerimis serta angin diluar rumah membuat suhu dingin semakin memuncak. Pakaian yang kering dan bersih sangat diperlukan Anda.

3. Jangan sesekali meletakkan benda-benda elektronik ditempat yang lebih rendah atau kurang dari 1 meter. Supaya jika banjir menyerang Anda ga perlu panik menyelamatkan benda elektronik tsb. Sementara pakaian, bahan makanan atau barang-barang lain yang lebih penting milik Anda mungkin udah lebih dulu kena air kotor itu.

4. Hindari kabel-kabel atau stop kontak portabel yang dibiarkan dilantai. Sebisa mungkin benda-benda tsb diatur lalu ditempelkan ke dinding pada posisi yang tinggi.

5. Belilah atau milikilah satu set kursi plastik seperti yang biasa kita lihat diwarung-warung atau konter misalnya minimal 1 lusin. Pada saat ga banjir benda ini bisa disimpan dengan ditumpuk atau bisa juga dipakai untuk duduk. Ketika banjir menyerang bangku plastik ini bisa digunakan sebagai penyangga tempat tidur atau sofa serta benda-benda lain supaya tidak terkena air banjir.

6. Kertas, buku atau bahan bacaan lain yang berharga sebaiknya diletakkan diatas lemari atau rak. Jangan dibiarkan kertas atau buku itu berserakkan dilantai atau meja pada saat tidak banjir.

7. Kain lap kering, koran bekas, alat pel, karet serokan, cairan pel anti kuman dan alat-alat pembersih lain harus tersedia dirumah Anda untuk membersihkan sisa-sisa lumpur setelah banjir.

8. Siapkan air bersih kira-kira 2 ember yang gunanya untuk membilas kaki sebelum naik ke tempat tidur untuk beristirahat. Supaya terhindar dari gatal-gatal akibat air kotor itu.

Demikian semoga bermanfaat.

*foto: liputan6.com

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tips bagi yang rumahnya sering Kebanjiran

  1. redbike92 berkata:

    Wah tips-tipsnya berguna mas😀
    cuma mau tanya kalau tips no8 itu, lha kalau banjirnya lumayan tinggi, air bersih di timba kan juga bisa terkontaminasi mas? ember kan gak terlalu tinggi hehehe
    kalau di tempat saya, biasanya dibuat semenan yang tingginya sekitar 40cm di pintu rumah.

    o ya salam kenal dari Sidoarjo ya😀

  2. mansem berkata:

    Tipsnya sangat membantu, tapi walau banjir, developer2 masih tetap membangun rumah, hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s