Yamaha FORCE; YIMM emang ga bohong!

Sejauh ini udah hampir 2 bulanan ini sy pake motor Yamaha FORCE. Mungkin banyak org yg ga tau motor Force ini karena tiap hari selama komuting jg sy ga pernah ketemu sesama pemakai Force. Entah kenapa Force ini kurang diminati. Nasibnya hampir sama dgn Jupiter Z1 yg jg populasinya sangat jarang. Kalo bukan matic malah Vega RR seri terbaru yg sebenarnya masih ‘kakak kandung’ Force. Ya karena Force ini adalah pengembangan dari Vega R 115, ZR dan terakhir RR maka dari itu boleh dibilang Force adalah ‘adik kandung’ Vega yg masih segaris. Beda dgn Jupiter series.

Entah jargon injection, YZ crank, spiny sleeve silinder dan power & torsi max di rpm rendah membuat org terutama awam enggan beralih untuk melirik 2 bebek YIMM dgn produk setara moge ini. YZ crank misalnya adalah aplikasi dari motor trail YZ Yamaha yg diturunkan pd kedua bebek ini. Akselerasi Z1 dan Force ga terasa getarannya walaupun di rpm tinggi. Dan untuk Force sendiri banyak yg ga percaya kalo gigi 2 bisa masuk 50 kpj gigi 3 masuk 80 dan gigi 4 masuk 120kpj on speedo. alih2 malah di bully di sosmed karena ga mungkin bebek 110cc top speednya 120kpj. Yah emang kalo ga merasakan sulit menjelaskannya. Mungkin semua itu adalah berkat aplikasi YZ crank di Force dan Z1.

Untuk konsumsi bbm jg awalnya sewaktu masih inrayen bisa 1:78 kpj. Lagi2 ini jd bahan bully di sosmed. Dengan buka tutup gas yg smooth dan oper gigi di rpm rendah speed stabil di angka 50-60kpj gigi 4. ga mustahil kalo Force tembus 1:70 km. Selepas inrayen sekarang ini konsumsi bbm normal antara 1:49-1:50 kadang malah 1:54. Untuk mengukur akurasi konsumsi bbm sy memakai aplikasi Fillup di android.

Untuk power Force emang diatas matic2 saudaranya. Misalnya Mio kebetulan sy pernah adu semua motor yg ada dirumah. Force sy melawan Z1 & Mio GT 2014 dan Shogun 125R 2005 sy. Hasilnya Force sy ga bsa ngejar Shogun 125cc. Berapa kali jg sy adu dijalanan dgn Supra 125 susah bgt ngimbanginnya sedangkan sesama 110cc seimbang tergantung nyali tp kebanyakan sy kalah sm yg pake motornya ga pake otak. Kalo sama Mio, Force menang diputaran atas tergantung sikon lalin jg misalnya pamer (padat merayap) ya sy lebih suka main aman membiarkan matic2 lewat. Sedangkan 110cc spt Smash, Shogun, Jupiter Z lama Force bsa unggul. Mungkin itu jg karena usia mesin mereka yg udah tua. Kalo sama2 seger ya belum tentu jg.

Jadinya berkat teknologi YZ crank power emang meningkat sedikit tp spiny sleeve cylinder jg bikin pelumasan jd lancar dan bikin mesin enteng dan irit bensin. Cuma namanya benda apapun ga ada yg sempurna. Panas mesinnya itu bener2 terasa sampe ke kaki malah sampe ke paha pengendaranya. Untuk ini pake oli mesin yg berkualitas sgt baik. Jadi hati2 kalo jalan siang panas2 jalanan macet kalo ga matiin mesin sebentar mesin bisa mati mendadak. Sy udah pernah ngalamin itu. Yamalube oli asli YIMM ga bisa membendung panas mesin yg luar binasa itu. Baru setelah oli sy ganti dgn Enduro 20/50 panas mesin agak sedikit bsa d redam. Panas mesin ini jg jd penyakit bawaan Z1. Adek sy contohnya jg pake oli diesel Petro Canada diesel dimotor Jupiter Z1 dia. Baru katanya panas mesin bsa di redam.

waktu sy t

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di yamaha force. Tandai permalink.

6 Balasan ke Yamaha FORCE; YIMM emang ga bohong!

  1. Slow_down berkata:

    kalo Force c om bisa ngalahin JupiterZ brarti bisa lebih kenceng dari Shogun125 om.
    cz sya juga pake Shogun125, pernah dijalan lurus kalah dengan JupiterZ standar. dan itu motor saya udah mentok 110km/jam.
    kalo supraX125 jangan ditanya nih motor emang jagonya jalan lurus.

    & mesin panas emang bawaannya om, tapi motor yamaha ada indreyennya loh om. jadi kalo masih baru biasanya kopling agak terasa selip kalo pindah giginya gak sesuai rpm, kalo kelewat panas mesin sampai mati cz prnah ngalamin dimotor kakak saya. tpi kalo udah gak indreyen panas-panas juga gak sampai mati mesinnya.

    • abramsp berkata:

      Shogun 125R sy sgt terawat dan selalu ganti oli setiap bulan. jd mungkin dgn kondisi spt itu masih bsa menang drpd Force sy.
      soal mesin panas emang jd penyakitnya. entah sm Vega ZR atau seri terbaru yg RR. apakah masalahnya sama2 mesin panas. tp sejauh ini motor sy dipake macet2an cuaca panas2an terik ga pernah ngadat.
      trims udah mampir gan.πŸ™‚

      • Slow_down berkata:

        hahaha…. sama-sama gan.
        saya juga masih pakai c Shogun, mesinnya masih enak, suaranya gak robah meski sudah berumur hampir puber.πŸ˜€

  2. abramsp berkata:

    pake dorce jg gan?

  3. jhons berkata:

    Yg namanya motor pingin kenceng larinya dan stabil beli yg SE di jamin puas nggk luput dari harga agak korek dompet bijin ludes…
    Klu kls segitu dan tahun 2000an blum bisa ngalakan mbahnya fprce alias FIZ R bebek raja jlnan

    • abramsp berkata:

      hehehhe. ga relevan gan..Force yg ini 4 tak sedangkan Force 1 yg itu 2 tak secara power & torsi aja udah beda jauh gan. sy malah jamannya Force 1 baru brojol ogah main bebek gan. mainan sy RX-King gan (ada d blog sy yg 1 lg) thn 90an dlu pernah ikutan OMR malahan tp paling bontot ga pernah finish hehehe. tahun 90an pabrikan motor terlalu pelit sama teknologi. perlu 5 tahun ke depan baru produsen berani main full. contohnya Force 1 keluar pertama thn 92 remnya cuma tromol..masih ga bsa ngalahin Grand (secara pasar loh ya) walaupun body udh tampil nungging kya Crystal. nah pas thn 94 Suzuki ngeluarin Tornado GS baru deh keluar F1Z yg pake disc brake padahal cuma facelift dari Force 1. baru 97 Suzuki dihajar abis2an sama Yamaha dgn ngeluarin F1ZR tp tetap aja d road race Tornado yg lbh unggul hehehe.
      lagian jg sapa jg yg pengen kenceng2 gan..masa itu udh lewat 20 thn silam. skrg sy pake FORCE buat harian koq. makanya sy nulis review ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s