jadi driver GOJEK itu…

Sehubungan dengan tulisan sy terdahulu soal “generasi Y” yg menerangkan kualitas kerja daripada kuantitas kerja dan kebebasan si pelaku “generasi Y” itu. Disitu sy menyinggung soal kerjaan apa yg sy lakukan tp ga sy ungkapkan apa pekerjaan sy waktu itu.

Udah hampir 3 bulan ini sy jd driver GOJEK. Ditulisan ini belum sy pasang foto sy dgn seragam jaket ijo dan helm ijo karena pasti udah bosen ngelihatnya. Dijalanan banyak koq kalo mo lihat ya sama aja ky gt. Mungkin nanti sy akan pasang di wordpress ini.

Belakangan driver GOJEK jd fenomena baik di dunia nyata maupun dunia maya. Gara2 berita yg mengungkap penghasilan driver yg fantastis dan ‘wah’ itu orang2 berbondong2 pengen jd driver GOJEK. Untuk sy jg sih sebenernya gt tapi sy bukan karena penghasilan yg dibilang ‘WAH’ itu sehingga sy tergiur pengen jd driver. Alasan sy adalah balik lg ke tulisan sy sebelumnya soal ‘generasi Y’ itu.

Saya ga akan tulis soal enak2 nya disini yah soalnya apa yg ditulis media itu ga sesuai kenyataan. Emang ada driver yg berpenghasilan segitu tapi itu cerita dulu. Ga seperti skrg ini dimana driver semakin banyak penghasilan kita2 sbg driver mungkin setara dgn UMP DKI JKT. Udah banyak driver lama dan jg yg seangkatan sy yg ngeluh soal itu. Tapi ya apa gunanya mengeluh. Lebih baik berusaha utk jd yg terbaik.

Sedikit uneg2 sy mo sampaikan pd manajemen GOJEK yg seakan ga mau berbagi kue dgn kompetitor. Sengaja menambah kuota driver sebanyak2nya dgn tujuan supaya konsumen ga lari ke kompetitor. Dan itu emang alasan yg selalu di sampaikan manajemen. Untuk awal strategi spt emang kelihatan efektif tapi akhirnya kendala2 yg muncul ga diperhitungkan. Seperti misalnya error pd aplikasi, server atw apalah sy org awam ga ngerti soal ky gitu2.

Akibatnya driver berebut order. Kalo punya temen driver GOJEK coba tanya2 deh gimana cara dia bid order melalui HP nya. Dalam hitungan sepersekian detik jari harus siap di layar sentuh HP telat dikit rejeki kita disikat org. Belum lg dgn membludakbnya order fiktif pd saat jam2 error pd aplikasi. Manajemen ga mw tau dgn memutus hubungan dgn driver yg kedapatan melakukan itu. Walaupun itu bukan kemauannya dia tp seakan manajemen tutup mata, tutup kuping ga mw tau. Ada yg lebih parah, konon katanya banyak jg oknum driver yg nakal sengaja memanipulasi order ke laptop atw gimana gitu sehingga cuma dia dan kroni2 nya yg kebagian order kakap (nilai diatas 50rb).  Inilah perang teknologi. Yah..sy org awam ga ngerti ky gitu2 tp dgn makin canggihnya teknologi.

Lebih baik menambah kualitas layanan drpd menambah kuantitas driver. Banyak yg ngerasa kuota driver jauh melebihi demand konsumen. Ga spt dulu dimana demand ga mencukupi supply kali ini terbalik. Perlu di ingat kompetitor GOJEK ga punya GOFOOD, GOSHOP dan INSTANT COURIER. Sy rasa manajemen jgn takut sama kompetitor. Lebih ga relevan lg dgn kampanye “Karya Anak Bangsa” betul GOJEK itu karya anak bangsa tp kompetitor jg bayar pajak pd pemerintah. Sampe saat ini jg kue terbesar masih dipegang GOJEK. Kekhawatiran yg ga jelas itu dibalas dgn strategi menambah kuota driver. Pada akhirnya jd bumerang sndri buat GOJEK. Di fans page fb dan twitter GOJEK kritikan pedas dan tajam dari konsumen yg kecewa sama GOJEK. Mereka kapok dgn GOJEK yg sering error dan paling parah mereka mencopot/uninstall aplikasi GOJEK dari smartphonenya.

GO FOOD, GO SHOP adalah yg paling membantu konsumen. Khusus GO FOOD konsumen2 yg sy layani banyak yg puas. GO SHOP jg pernah sy jalanin malam2 jam 11 malam cari buku kwitansi dan akhirnya sy dapat. Coba kalo bukan GOJEK siapa yg bisa ngelayanin ky gt??? Utamakanlah kualitas layanan drpd kuantitas driver. Konsumen puas pasti GOJEK jg makin eksis.

Kembali seperti tulisan sy sebelumnya mengenai ‘generasi Y’ kualitas kerja lebih utama daripada kuantitasnya.

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s