Tips campur oli samping dibensin (season II)

Biar kaya sinetron pake season gitu. Terima kasih buat yg ngerespon postingan sy seputar campur oli samping dibensin motor untuk mesin 2 tak khususnya motor. Untuk motor tua kaya Vespa Super dan bajaj roda 3 yg mesin 2 tak itu emang harus di campur dibensin. Sedangkan motor 2 tak buatan Jepang umumnya udah pake pompa oli.

Saya ga tau persis kapan pompa oli ini di aplikasikan dimotor 2 tak. Jelasnya Yamaha memberi nama pelumasan 2 tak ini dengan nama Autolube sedangkan Suzuki dan Kawasaki menamakan Crank Case Injection. Pada mesin 2 tak Yamaha yg karbunya ada diatas menginjeksikan olsam masuk melalui lubang pada karbu sedangkan Suzuki dan Kawasaki yg masih menerapkan katup rotary  (jaman 70-80an) menginjeksikan melalui Crank Case (kruk as).

Nah soal pompa oli nih. Ada banyak yg nanya soal pompa olsam (oli samping) yg selanjutnya disebut olsam.

Ada baiknya pompa olsam ini jangan dilepas karena pabriknya sendiri membuat dgn perhitungan yg ribet bgt. Pabrikan Piaggio (Vespa) aja yg awalnya ogah aplikasi pompa oli di produknya belakangan ikutan pasang di seri PX Excell atau Corsa. Itu gunanya supaya konsumennya lebih praktis ga perlu tangan kotor (padahal mo kondangan..misalnya :D) naker olsam dulu pas ngisi bensin. Kasihan insinyurnya sampe botak lho mikirin gimana supaya debit olsam selalu cukup buat mesin 2 tak motor produknya.

Sebaiknya pompa oli ini tetap dipakai atau ga? Ya selama masih berjalan normal sih sy rasa ga perlu di non-aktifkan cuma emang pompa oli itu seperti karburator perlu di setel ulang sebab kalo ga setelannya akan berubah sendiri. Cara setelnya gimana? Ya gampangnya sih ke bengkel aja suruh mekanik setel tp untuk yg mau setel sendiri. Coba perhatikan cabang kabel gas yg ke pompa oli nah itu aja yg di putar2 bautnya. Kalo ke kiri berarti irit sedangkan ke kanan berarti boros. Kalo irit efeknya asap jd tipis ga terlalu ngebul tp hati2 mesin macet. Sedangkan kalo setelan boros efeknya asap jd tebal dan ruang bakar jd cepat berkerak.

Keberadaan pompa olsam sendiri umumnya susah untuk diganti spare partnya aja karena ga ada yg jual makanya pompa olsam selalu dijual secara utuh. Biasanya roda gerigi yg terbuat dari almunium itu yg paling rawan kena. Nah supaya ga gampang jebol harus selalu di aktifkan olsamnya selain melumasi part2 mesin 2 tak olsam jg ikut membantu pelumasan pd jeroan pompa olsam. Kalo mau campur di tangki sebaiknya pompa olsamnya dicopot. Nah. itulah kenapa pd motor yg ikutan balapan pompa olsamnya dicopot selain alasan itu jg jd beban buat mesin jg alasan spt diatas itu.

Mekanik balap jg banyak ‘ga percaya’ sama perhitungan pompa olsam. Karena umumnya pompa olsam itu lemot untuk merespon walaupun udah disamakan dengan putaran gas. Maka dari itulah mereka mengaplikasikan campur olsam dibensin langsung supaya ga telat pelumasannya. Maklumlah namanya balapan itukan ga selalu kenceng kadang harus tutup gas tau2 digas mendadak makanya perlu campuran yg selalu pas. Jadinya kalo agan2 disini emang pake olsam yg bener2 berkualitas ga ada salahnya untuk mengikuti campuran olsam 1:35cc pada mesin motor hariannya.

 

 

 

 

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s