Motor injeksi. Apakah sudah pantas masuk Indonesia?

Beberapa hari lalu adik sy mengalami kendala sama motor Jupe Z1. Kejadiannya sore dan sempat dibawa ke bengkel umum karena ga ada bengkel resmi disekitarnya.Sama bengkel cuma diganti aki (karena ga tau musti diapain dan awam beranggapan motor injeksi nyawanya ada di aki) tapi tetap aja mogok. Akhirnya di stut pake kaki ke rumah.

Karena menjelang lebaran Beres Yamaha dimana2 menolak karena udah penuh order. Padahal pagi2 bgt kita stut sampe bengkel tsb.Setelah itu sy coba2 ke bengkel umum yg pasang spanduk (dan jg sy jg sering melintas disitu) ‘TERIMA SERVIS INJEKSI’. Setelah sampe disitu mekaniknya jg masih meraba2 soal penyakit si Z1 ini mulai dari analisa pompa bensin, busi sampe kabel2 yg (kemungkinan) rusak digigit tikus (sekali lg kemungkinan) sampe terakhir mo coba2 pasang kiprok baru (dan ini masih ragu jg). Akhirnya kita pasrah aja..Ya udahlah terpaksa seminggu ke depan ini (selama libur lebaran) Z1 nongkrong digarasi.

Gejala mogoknya mirip motor kehabisan bensin bisa jalan tp paling jauh cuma 100m abis itu brebet terus mogok lg. Repotnya lg kalo dipaksa jalan aki lama2 tekor dan ini mau ga mau harus di cas. Kalopun di cas kadang sukses kadang jg bisa mati total dan ini berarti harus beli aki baru lg.

Dari grup2 motor injeksi di FB yg sy intip ada aja keluhan soal injeksi yg bermasalah mulai dari motor menginap di Beres selama berhari2. sampai keluar uang sampai 3 jutaan lebih (biaya yg ga wajar untuk perbaikan motor). Ga sedikit jg cerita miring dari teman2 sy yg pake motor injeksi pernah motornya dipaksa berenang (kalo itu sih kesalahan dianya) sampe ECU ganti total abis sekitar 2 jutaan.Coba kalo motor yg masih karburator? Bongkar bersihkan pasang!

Kalo ngelihat contoh kasus spt itu koq sy jd ‘ill feel’ sama motor injection. Awalnya jg sy beli Force itu jg karena susahnya beli Shogun Axelo secara kredit. Pas mau tanya Jupiter yg karbu jg udah ga ada di Yamaha tinggal Vega RR itupun inden katanya karena stok terakhir tahun 2015 lalu. Ya kalo gini sy niat jual ajalah Force sy mo ganti sama Supra X tua sekalian yg gampang perawatannya bisa dipegang sendiri.

Mana tuh jargon..motor injeksi bebas perawatan??? Malah yg ada bikin kantong konsumen bolong!!!

 

 

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized, yamaha force dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s