Pake ban kecil siapa takut?

Setelah lebih kurang 1 bulanan ini sy jajal ban kecil yg sebenernya ga terlalu kecil2 bgt dimotor sy soale cuma turun 1 poin dari ban standarnya. Belakang sy pake Swallow Samurai 70/90-17 dan depan jg ukuran lebarnya sama tapi profilnya lebih tipis FDR Genzi Pro 70/80-17 jadinya sama dengan ukuran 225. Mari kita lihat dari 3 sisi..

BEBAN

Sesuai kerjaan sy sebagai tukang ojek online yg setiap hari jalan dan bawa beban berbagai manusia mulai dari yg bobotnya <50 s/d >100 kilogram ternyata aman jaya tuh. Sampe saat ini sy sih belum dpt penumpang yg bobotnya sekuintalšŸ˜€ cuma pernah sy akumulasi aja bobot sy sendiri sih 70an itu jg sekitar beberapa bulan lalu nimbang di bidan dekat rumahšŸ˜€ sering bgt bawa penumpang yg badannya tinggi gede dari situ perkiraan sy bobotnya sama spt sy kebetulan tadi pagi sy bawa org spt itu dgn bawaan ransel yg perkiraan sy sekitar 20kg nah dari situ bisa disimpulkan bobot totalnya sekitar 90an. Ban tubeless 70/90 masih sanggup menopang beban sekitar 200 kiloan. Tapi ini ga seperti ban 250 bawaan Honda Grand/Legenda yg baru dipake boncengan 70 + 70kg langsung bocor alus.

DURABILITAS

Karena motor setiap hari mobile ke mana2 kedua ban motor itu melindas berbagai medan jalanan. Sering bgt sy ngelewatin jalanan berkerikil dan tanah jg pernah. Kalo yg berkerikil kita wajib ekstra hati2 ga cuma ban kecil aja sih ban kaki gajah macam punyanya Vixion jg wajib hati2. Kedua ban yg sy pake itu cukup ampuh jg dijalan tanah asal kita jalannya harus lurus jangan zig zag dan begitu keluar dari jalan tanah masuk ke aspal langsung bisa melepas tanah2 yg nempel. Tapi ini asal jgn tanah becek aja kalo itu semua ban motor ga ada yg sanggup kecuali yg kembang tahu macam motocross.

KESTABILAN

Untuk jalan lurus di aspal kering ga ada bedanya sama yg ukuran standar dan yg kaki gajah. Untuk menikung emang ga bisa sampe footstep mentog aspal karena baru miring sekitar 30 derajat aja ban udah kehilangan grip dan kalo jalanan basah jg wajib hati2 sy pernah jajal untuk menikung dengan kemiringan yg wajar ban masih mampu mencengkram aspal basah. Selain itu kalo jalanan basah jg jangan coba2 lari diatas 60 kpj karena saat di rem mendadak buntut motor bakalan maju ke depan dan ini yg bahaya. Kalo ban standar apalagi yg berkualitas masih bisa lurus saat pengereman mendadak sampe roda terkunci masih lumayan stabil dijalanan basah tapi ini skill yg menentukan. Satu lg yg perlu diperhatikan kalo menjejak aspal yg beda tinggi atau marka jalan ban kecil itu bakalan bikin motor oleng.

KESIMPULAN

Kalo dibaca dari bawah ke atas Kestabilan yg selalu jd momok bagi semua pengendara motor sampe banyak yg berdebat soal ini. Kalo yg ini sih sy bilang tergantung kebiasaan aja. Kalo kita ga biasa pake ban kecil terus pengen coba awalnya ya harus hati2 nanti kalo udah terbiasa baru bisa tes manuver. Istilah alay diberikan bagi pemakai ban kecil tapi sy rasa itu kalo ukurannya terlalu kecil misalnya belakang 225 depan 200 emang itu udah terlalu ekstrim dan berbahaya. Tapi kalo cuma turun 1 step ga majalah tuh..Jadinya bohong kalo ban kecil itu membahayakan istilah itu emang benar adanya kalo kita bawaannya pecicilan dijalan kalo dipake hati2 ya gpp.

Durabilitas ban kecil ga beda jauh sama yg ukuran standar dan kaki gajah. Sama aja kalo sy bilang sih.

Kemampuan ban ukuran kecil dalam menopang beban sy lihat jg mungkin sama aja dengan yg standar. Saya yakin bgt dipabriknya semua ban pasti pernah di tes secara ekstrim termasuk beban maksimal yg mampu ditopangnya. Kalo yg ini sy ambil sampel ban bawaan Honda Legenda aja ukurannya 250 masih sanggup dipake boncengan dan itu pasti udah melalui estimasi pabrikannya. Kalo kasus ban bocor yg sy alami saat boncengan dgn Legenda dulu murni karena kurang angin aja.

Tentang abramsp

Saya seorang wiraswastawan usia sy 30an thn. Berkeluarga dgn 3 anak dan pastinya 1 istri :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized, yamaha force dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s