Pake ban kecil siapa takut?

Setelah lebih kurang 1 bulanan ini sy jajal ban kecil yg sebenernya ga terlalu kecil2 bgt dimotor sy soale cuma turun 1 poin dari ban standarnya. Belakang sy pake Swallow Samurai 70/90-17 dan depan jg ukuran lebarnya sama tapi profilnya lebih tipis FDR Genzi Pro 70/80-17 jadinya sama dengan ukuran 225. Mari kita lihat dari 3 sisi..

BEBAN

Sesuai kerjaan sy sebagai tukang ojek online yg setiap hari jalan dan bawa beban berbagai manusia mulai dari yg bobotnya <50 s/d >100 kilogram ternyata aman jaya tuh. Sampe saat ini sy sih belum dpt penumpang yg bobotnya sekuintal😀 cuma pernah sy akumulasi aja bobot sy sendiri sih 70an itu jg sekitar beberapa bulan lalu nimbang di bidan dekat rumah😀 sering bgt bawa penumpang yg badannya tinggi gede dari situ perkiraan sy bobotnya sama spt sy kebetulan tadi pagi sy bawa org spt itu dgn bawaan ransel yg perkiraan sy sekitar 20kg nah dari situ bisa disimpulkan bobot totalnya sekitar 90an. Ban tubeless 70/90 masih sanggup menopang beban sekitar 200 kiloan. Tapi ini ga seperti ban 250 bawaan Honda Grand/Legenda yg baru dipake boncengan 70 + 70kg langsung bocor alus.

DURABILITAS

Karena motor setiap hari mobile ke mana2 kedua ban motor itu melindas berbagai medan jalanan. Sering bgt sy ngelewatin jalanan berkerikil dan tanah jg pernah. Kalo yg berkerikil kita wajib ekstra hati2 ga cuma ban kecil aja sih ban kaki gajah macam punyanya Vixion jg wajib hati2. Kedua ban yg sy pake itu cukup ampuh jg dijalan tanah asal kita jalannya harus lurus jangan zig zag dan begitu keluar dari jalan tanah masuk ke aspal langsung bisa melepas tanah2 yg nempel. Tapi ini asal jgn tanah becek aja kalo itu semua ban motor ga ada yg sanggup kecuali yg kembang tahu macam motocross.

KESTABILAN

Untuk jalan lurus di aspal kering ga ada bedanya sama yg ukuran standar dan yg kaki gajah. Untuk menikung emang ga bisa sampe footstep mentog aspal karena baru miring sekitar 30 derajat aja ban udah kehilangan grip dan kalo jalanan basah jg wajib hati2 sy pernah jajal untuk menikung dengan kemiringan yg wajar ban masih mampu mencengkram aspal basah. Selain itu kalo jalanan basah jg jangan coba2 lari diatas 60 kpj karena saat di rem mendadak buntut motor bakalan maju ke depan dan ini yg bahaya. Kalo ban standar apalagi yg berkualitas masih bisa lurus saat pengereman mendadak sampe roda terkunci masih lumayan stabil dijalanan basah tapi ini skill yg menentukan. Satu lg yg perlu diperhatikan kalo menjejak aspal yg beda tinggi atau marka jalan ban kecil itu bakalan bikin motor oleng.

KESIMPULAN

Kalo dibaca dari bawah ke atas Kestabilan yg selalu jd momok bagi semua pengendara motor sampe banyak yg berdebat soal ini. Kalo yg ini sih sy bilang tergantung kebiasaan aja. Kalo kita ga biasa pake ban kecil terus pengen coba awalnya ya harus hati2 nanti kalo udah terbiasa baru bisa tes manuver. Istilah alay diberikan bagi pemakai ban kecil tapi sy rasa itu kalo ukurannya terlalu kecil misalnya belakang 225 depan 200 emang itu udah terlalu ekstrim dan berbahaya. Tapi kalo cuma turun 1 step ga majalah tuh..Jadinya bohong kalo ban kecil itu membahayakan istilah itu emang benar adanya kalo kita bawaannya pecicilan dijalan kalo dipake hati2 ya gpp.

Durabilitas ban kecil ga beda jauh sama yg ukuran standar dan kaki gajah. Sama aja kalo sy bilang sih.

Kemampuan ban ukuran kecil dalam menopang beban sy lihat jg mungkin sama aja dengan yg standar. Saya yakin bgt dipabriknya semua ban pasti pernah di tes secara ekstrim termasuk beban maksimal yg mampu ditopangnya. Kalo yg ini sy ambil sampel ban bawaan Honda Legenda aja ukurannya 250 masih sanggup dipake boncengan dan itu pasti udah melalui estimasi pabrikannya. Kalo kasus ban bocor yg sy alami saat boncengan dgn Legenda dulu murni karena kurang angin aja.

Dipublikasi di Uncategorized, yamaha force | Tag , , , | Meninggalkan komentar

Motor injeksi. Apakah sudah pantas masuk Indonesia?

Beberapa hari lalu adik sy mengalami kendala sama motor Jupe Z1. Kejadiannya sore dan sempat dibawa ke bengkel umum karena ga ada bengkel resmi disekitarnya.Sama bengkel cuma diganti aki (karena ga tau musti diapain dan awam beranggapan motor injeksi nyawanya ada di aki) tapi tetap aja mogok. Akhirnya di stut pake kaki ke rumah.

Karena menjelang lebaran Beres Yamaha dimana2 menolak karena udah penuh order. Padahal pagi2 bgt kita stut sampe bengkel tsb.Setelah itu sy coba2 ke bengkel umum yg pasang spanduk (dan jg sy jg sering melintas disitu) ‘TERIMA SERVIS INJEKSI’. Setelah sampe disitu mekaniknya jg masih meraba2 soal penyakit si Z1 ini mulai dari analisa pompa bensin, busi sampe kabel2 yg (kemungkinan) rusak digigit tikus (sekali lg kemungkinan) sampe terakhir mo coba2 pasang kiprok baru (dan ini masih ragu jg). Akhirnya kita pasrah aja..Ya udahlah terpaksa seminggu ke depan ini (selama libur lebaran) Z1 nongkrong digarasi.

Gejala mogoknya mirip motor kehabisan bensin bisa jalan tp paling jauh cuma 100m abis itu brebet terus mogok lg. Repotnya lg kalo dipaksa jalan aki lama2 tekor dan ini mau ga mau harus di cas. Kalopun di cas kadang sukses kadang jg bisa mati total dan ini berarti harus beli aki baru lg.

Dari grup2 motor injeksi di FB yg sy intip ada aja keluhan soal injeksi yg bermasalah mulai dari motor menginap di Beres selama berhari2. sampai keluar uang sampai 3 jutaan lebih (biaya yg ga wajar untuk perbaikan motor). Ga sedikit jg cerita miring dari teman2 sy yg pake motor injeksi pernah motornya dipaksa berenang (kalo itu sih kesalahan dianya) sampe ECU ganti total abis sekitar 2 jutaan.Coba kalo motor yg masih karburator? Bongkar bersihkan pasang!

Kalo ngelihat contoh kasus spt itu koq sy jd ‘ill feel’ sama motor injection. Awalnya jg sy beli Force itu jg karena susahnya beli Shogun Axelo secara kredit. Pas mau tanya Jupiter yg karbu jg udah ga ada di Yamaha tinggal Vega RR itupun inden katanya karena stok terakhir tahun 2015 lalu. Ya kalo gini sy niat jual ajalah Force sy mo ganti sama Supra X tua sekalian yg gampang perawatannya bisa dipegang sendiri.

Mana tuh jargon..motor injeksi bebas perawatan??? Malah yg ada bikin kantong konsumen bolong!!!

 

 

Dipublikasi di Uncategorized, yamaha force | Tag , , , , | Meninggalkan komentar

Neo classic folk metal; perlu skill tinggi untuk memainkannya!

Belakangan sy lg suka dengerin lagu2 metal neo klasik atau folk metal Eropa. Peralatanm usiknya ga cuma gitar elektrik, bass dan drum serta keyboad aja tp ditambah lg dgn akordeon, biola dan suling menambah rame suasana musik tradisional Eropa atau folk song Eropa yg emang kebetulan banyak berirama ‘galop’ klop bgt emang sama musik Metal ygkebanyakan main galoping atau menghentak pas bgt mengiringi org lg naik kuda.😀

Band2 folk metal kebanyakan berasal dari Eropa atau diperkecil lg dari Eropa utara kebanyakan dari Skandinavia sana. Band2 ini kebanyakan terdengar asing bagi kuping org Indonesia seperti misalnya Korpiklaani, Alestorm, Turisas dll. Pokoknya kalo mo dengerin musik2 mereka tersedia di mbah yutub dgn tag folk metal. Pokoknya rame deh musiknya dan kalo Anda emang bener2 metal head..akan lebih enjoy dengerinnya.

Sebenernya udah lama jg sy jd metal head sejak pertengahan 80an sy udah jg metal head. Karena musik metal yg ada kesannya udah membosankan jd sy beralih ke aliran musik ini.Dan emang terbukti musik ini ga gampang untuk di cover oleh awam spt misalnya Metallica yg udah ada versi dangdutnya..ga sembarangan untuk meng-cover folk metal.

 

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , , , | Meninggalkan komentar

review soal TDR Ballistic 071

Busi ini ada beberapa type untuk sport, bebek atau matic sy pakai type 071 yg di listnya bisa untuk hampir semua motor bebek mulai dari Honda, Yamaha dan Suzuki serta Kawasaki.

tdr

Baru sekitar 3 harian ini pakai busi TDR Ballistic dimotor Force sy. Awalnya penasaran dengan tulisan2 di iklannya akhirnya sy beli di salah satu lapak online.

Pemasangannya jg agak susah karena keramiknya lebih besar daripada busi2 lain jd perlu dipaksa kop businya supaya bisa pas dengan keramik busi TDR ini.

Setelah terpasang semua terasa biasa aja tuh..tapi untuk rpm tinggi semakin di gas makin gila larinya. Mungkin ini karakter busi punya ujung elektroda lancip ini. Konon bagian yg ditutup keramik lebih besar itu yg membuat power mesin terasa lebih bombastis diputaran atas. Akselerasi untuk putaran atas terasa enteng sampe sy ga terasa gigi 3 jarum spidometer udah menyentuh angka 100 km/jam.

Kalo soal konsumsi bbm sy kurang tahu jg sih. Untuk saat ini motor jg sy belum isi full tank. Sedangkan keseharian sy sbg tukang ojek online selalu isi 20 ribu Pertamax atau Shell Super setiap pagi dan itu cukup sampai besok paginya lg. Saya rasa konsumsi bbm akan sama aja apalagi karakter busi ini cocok di rpm tinggi.

Dipublikasi di Uncategorized, yamaha force | Tag , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Yamaha Force; sesekali jadi alay..

Bagi org seumuran sy segini udh ga pantes tampilan motor alay. Kali ini motor sy pakein ban kecil karena penasaran daripada nanya2 trs nanti dibilang kepo mending jajalin lsg aja pake ban kecil dpn/blkg.

Velg palang aslinya sy ubah pake jari2 ukuran 1.40-17 dpn/blkg copotan Vega ZR. Ban jg sy ubah yg dpn pake FDR Genzi Pro 70/80-17 yg blkg pake Swallow Samurai 70/90-17. Sengaja keduanya pake ban tubeless supaya kuat dipake boncengan. Sejauh ini reviewnya..

Kekurangannya dulu deh..

  1. Nikung rebahan jd ga stabil. Awalnya sy lupa pas nikung main ngerebah aja trus tau2 koq kya ada yg ngelitikin ternyata sliding roda yg blkg.😀
  2. Motor jd ceper. Ini susah buat boncengan. Kalo boncengin org yg bobotnya sekuintal lbh rawan meledak bannya.😀
  3. Jadi inceran polantas pas di lamer. Pake ban kya gini istilahnya diluar standar tp klo kya gini knp koq yg disalahkan ridernya. Mustinya kan yg disalahkan pabrikannya. Knp produksi ban kecil kya gini.😀

Kelebihannya..

  1. Motor jd rada entengan buat akselerasi jg ga berat.
  2. Bensin rada irit soalnya efek dari motor beban yg enteng itu
  3. Girset jg jd awetan. Tapi ga tau deh nih soalnya sy jg rantenya udh mulur.

Berikut penampakannya..

IMG_20160609_171612

Dipublikasi di Uncategorized, yamaha force | Tag , , , | 3 Komentar

Yamaha Force; setelah 1 tahun pemakaian!

Sebenernya motor itu genap 1 tahun pas tgl 25 February lalu tp sy baru keinget skrg. Odometer baru menunjukkan 39000an ga tau pasnya brp soalnya males musti nengok digarasi.😀

Ga ada yg istimewa sih dari motor itu yg kesehariannya sy pake buat ngojek😀. Penggantian onderdil sejauh ini kampas rem depan 1x, rem belakang 1x dan busi 3x. Saya ga mau main2 sama busi tiap 3 bulan sekali pasti sy ganti baru. Biar ga mogok aja dijalanan dan supaya power mesin jg terjaga. Ada org yg menyepelekan busi makanya banyak sy lihat motor baru tp koq mogok ga taunya cuma busi. Ban jg yg belakang udh sy ganti. Sebelumnya emang bannya yg orisinil masih pake ban dlm sy copot trus ganti sama yg tubeless Swallow Thunder. Nah skrg yg blkg udh abis sy gnti sm Corsa S88.

Karena sering dipake ngojek sering bgt hajar lubang jalanan. Skrg yg berasa sih komstir udh oblag bunyi jedag jedug sama roda yg berasa speleng tanda lahernya minta ganti.Untungnya motor sy ini ga pernah tabrakan/jatuh..kan udah ikut safety riding jg jd tau lah gimana cara bawa motor yg bener.

Sementara rencana mo ganti pake velg jari2. Sebab ngeri aja sy sama velg bawaannya yg setiap hari hantam lubang jalanan. Jalanan jg kaya hidup..kemaren ga ada lubang disitu koq tau2 skrg ada lubang. Makanya biar antisipasi kya apaan jg..kta ga bakalan bsa ngehindar dari lubang jalanan. Sejauh ini yg kuat hajar lubang jalanan ya cuma velg jari2 besi nah besok sy mo pasang yg itu aja.

Selain itu ya ga bedalah sama motor2 lain pd umumnya jd ga banyak2 yg mo di review lebih kurangnya sama aja sama yg motor2 lain.

Dipublikasi di Uncategorized, yamaha force | Tag , , , , , | Meninggalkan komentar

ManowaR musiknya pas buat tempur

manowar

Mungkin bagi Anda yg mengalami masa remaja tahun 90an pasti tahu band ini. Band metal asal Amerika yg digawangi oleh Eric Adams (vokal), Joe DeMaio (bass), Donnie Hamzik (drum) dan Karl Logan ini beraliran heavy metal sedikit ke arah power metal ini seolah menciptakan lagu2 yg bertema pertempuran lihat aja namamya Manowar yg berarti Man of War manusia yg dalam pertempuran.

Dibentuk tahun 1980 band ini banyak menggunakan teknik ‘galloping’ jadinya lagunya seolah seperti mars prajurit kuno menuju medan pertempuran. Hentakan dobel bass drum ditambah dentuman bass yg menderu seolah derap langkah2 ribuan prajurit  siap maju membasmi musuh.

Jika dibaca lirik2 lagu mereka kebanyakan emang bertema mitologi Eropa kuno seperti halnya Vikings atau Nordic nenek moyang bangsa Norwegia dibelahan Skandinavia sana. Kita bisa lirik lagu ‘Sons of Odin’, ‘Fight until Die’ ‘Hand of Doom’ dsb.  membawa kita seolah membayangi ribuan prajurit yg sedang bertempur dimedan pertempuran jaman dahulu kala.

Ga disarankan untuk mendengarkannya karena musiknya emang super berisik. Lengkingan gitar Karl Logan ditambah teriakan vokal Eric Adams bisa bikin pusing. Tapi kalo Anda penyuka musik metal mendengar musiknya Manowar ini pasti bakalan bisa menghilangkan suntuk.😀

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , , | Meninggalkan komentar