Thx God, dapat sepeda gunung langka!

Udah hampir 8 tahun ga gowes sepeda, timbul jg keinginan untuk kembali menekuni hoby yg sehat ini.

Sebenarnya dirumah ada sepeda MTB Wimcycle Diamante yg dipake anak buat pulang pergi sekolah. Tapi ya rasanya ga afdol kalo satu sepeda buat berdua.

Flashback ke awal 90an waktu saya masih SMP pernah punya sepeda gunung Federal. Tapi akhirnya terbengkalai setelah saya SMA karena udah punya motor. Federal itu akhirnya berakhir ‘mengenaskan’, dijual ke tukang loak. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

Makanya sekarang saya jg pengen yg retro vintage sekelas Federal gitulah. Misalnya Federal jg udah jadi barang hoby yg harganya lumayan buat kantong kuli kaya saya gini. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Setelah browsing iklan online, akhirnya ketemu sepeda gunung yg terbilang jarang yg punya.ย Bisa jadi ini produk pertama jenisย  MTB yg diproduksi United bike.ย 

Semua masih original. Cat dan decal aslinya masih menempel di frame. Grupset Shimano SIS, stang lurus bertanduk, rem cantilever dan reflektor mata kucing ukuran besar ciri khas sepeda gunung tahun 90an. Lengkap dengan no seri dibawah BB nya jg ada. Tak diragukan lagi kalo ini produk United bike.

Dari obrolan ringan saya dengan pemilik sebelumnya bilang kalau sepeda itu ada sebelum dia lahir. Dia jg ga tau persis kapan sepeda itu dibeli.

Walaupun pamor nya ga se-ekslusif Federal, untuk budget 500 ribuan saya cukup puas dapat sepeda gunung retro vintage yg full original seperti sepeda gunung United bike yg entah apa serinya ini.

Silahkan cek penampakannya, siapa tahu bukan cuma saya yg punya sepeda ini.

Terima kasih

 

Iklan
Dipublikasi di sepeda | Tag , , , , , , | Meninggalkan komentar

When someone gets fooled by his/her own desire

Posting and uploading any kind of belongings or activities in order to show off is a kind of necessity at the present times.

Everyone has their own desire. The passion to care or be cared, recognizing each other. ย I really concern about what people do nowadays, craving for devotion, scavenging treatments of the people. So pathetic!

 

 

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Will a brand new product of motorbike survive the in the ojol?

It has been long time for me for not writing this blog. I got a new job in 2015 and still working as a rider there. If my father had seen my present job probably he would have killed me now. I have been working as Gojek driver for nearly four years. I do not know why I choose it. It is just exciting being on road everyday while riding my motorbike. Pick up a customer from A to B or B to C and so on.

Well now I would like to tell you about a motorbike torment in this field. There are many riders in Gojek who have new bikes but with a terrible sound of engine. It is not just about the engine but also the moving components on the wheels and of course the suspension that works pretty hard to support the people. A new bike will not survive within those torments, I will bet you for that!

Several moving parts in the outside you name it as tires and brake shoes are commonly changed in less than a year and of course there are many more wait in the line to be replaced. Some running engine parts have to work pretty hard in order to satisfy the user i.e. the riders and customers. The engine runs never stop as you have to ride all over the city with various traffic conditions.

I do not claim about the blogger or vlogger who have a chance to test a new motorbike upon the release. They praise all parts of it to appeal the people by teasing it as the best one. If the manufacturer need to make sure about their new product please give us a trial. Along with the examination we could provide them some inputs or aspiration about the requirement of it.

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

YAMAHA Mio S setelah setahun disiksa

Judul nya terkesan lebay tapi memang penyiksaan motor yg terberat adalah jadi ojol. Jadi kalo emang pabrikan mau uji coba tahan banting kasih ke saya aja. Hahaha

Kenapa dibilang penyiksaan?

Selama setahun ini kilometer baru 26000 sekian dan akan terus bertambah dari hari ke hari yg menempuh jarak rata-rata 150 km. Sering kali non-stop start jam 5 subuh pulang istirahat jam 11 siang lanjut lagi jam 4 sore sampai jam 9 malam.

Dengan beban bervariasi mulai dari anak kudanil yg bobotnya 3 digit sampai anak kancil yg hanya berbobot belasan kg pernah kita bawa dan itu ga ada kompromi. Banyak yg bilang sokbreker Mio series ini keras tapi saya justru bersyukur karena itu. No jedak jeduk dan stabil dijalanan Ibukota yg banyak jebakannya. Untuk itu sektor kaki-kaki saya pakai ban 90/90 dengan profil tinggi dibandingkan ban asli nya yg 100/70. Kalau dipaksakan pakai 100/70 cover kolong dek sering bgt gasruk poldur. SSRROOKKK!!!

Dengan basis mesin yg sama dengan M3 ini terasa cukup nampol torsi nya kalo macet pas ditengah tanjakan. Biarpun suara CVT udah ngorok tapi di gas masih kuat nanjak. Perawatan mesin cukup ganti oli mesin per 1500 km. Oli saya pakai Total Hi Perf 10/30 untuk gentakan lumayan jambakย tapi mesin jarang saya paksa di rpm tinggi cukup kecepatan maksimal 60 kpj maklum lah jaga kondisi dan jg supaya bensin jg irit.

Untuk konsumsi bensin sy bilang sedang sedang saja. Seharian full tank dengan sikon lalin variatif ga boros boros amatlah. Kecuali kalo motor cuma dipakai untuk commuting misalnya 10 km/hari saya yakin full tank bisa 3-4 hari. Untuk konsumsi bensin sy ga bisa bilang ini irit tapi cukuplah!

Servis CVT sesuai manual di km 25000 saya udah servis CVT dan yg disarankan untuk digandi cuma roller dan sil kruk as. Tapi biar gitu, Van belt saya minta ganti karena perhitungan beban berat motor buat ojol. Ngeri putus dijalan, sesuai tulisan yg pernah saya baca di truk, “putus cinta sudah biasa, putus as habis lah kita!” Tapi kalo saya diganti jadi putus Van belt ajalah. Hahaha.

Comclusion

Feel handlingnya posisi stang agak rendah tapi lurus tidak membengkok seperti M3. Power mesin setara Mio M3 dan kalo soal model relatif tapi kalo saya pilih ini karena modelnya ga pasaran.

Kalo Anda mau matic yg model ga pasaran, responsif kenceng dan irit. Mio S udah yg terbaik.

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Sungguh memprihatinkan nasib motor baru masa kini

Bingung sy mau mulai dari mana soal tulisan motor ini.

Sedari awal sy selalu pakai motor sejak jaman SMA tahun 90an dulu hingga saat ini saat sy jd tukang ojol (ojek online).

Entah kenapa blog2 motor saat ini yg dijadikan ajang promo soal motor baru. Hasilnya malah speed & power yg dijadikan patokan. Lucunya dikolom komentarnya terjadi perdebatan para fanatikus merek yg dikenal dgn fans boy.

Sebagai konsumen motor. Hendaknya di edukasi soal gimana perawatan motor itu supaya berjalan optimal. Emang semua itu tercetak jelas dibuku manual.

Kenyataan yg ada produsen membuat motor yg dibeli konsumen untuk di jual kembali olehnya. Konsumen yg udah ga mampu ngurus di arahkan utk beli lg dengan kredit DP super murah.

Dijalan sy sering bgt ketemu orang yg motor barunya mogok tanpa ada kejelasan sebab akibat. Mau ga mau harus ke bengkel resmi dan ongkosnya jg bisa buat DP motor baru. Ga ada istilah di akalin dulu yg ada adalah GANTI INI, GANTI ITU klo mo jalan lg. Saat ini itu yg sy temui. Maka dari itu sy rasa utk masa 10 tahun ke depan ga ada org yg setia dengan satu motor yg sama.

Motor baru = kekinian!!

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Pake ban kecil siapa takut?

Setelah lebih kurang 1 bulanan ini sy jajal ban kecil yg sebenernya ga terlalu kecil2 bgt dimotor sy soale cuma turun 1 poin dari ban standarnya. Belakang sy pake Swallow Samurai 70/90-17 dan depan jg ukuran lebarnya sama tapi profilnya lebih tipis FDR Genzi Pro 70/80-17 jadinya sama dengan ukuran 225. Mari kita lihat dari 3 sisi..

BEBAN

Sesuai kerjaan sy sebagai tukang ojek online yg setiap hari jalan dan bawa beban berbagai manusia mulai dari yg bobotnya <50 s/d >100 kilogram ternyata aman jaya tuh. Sampe saat ini sy sih belum dpt penumpang yg bobotnya sekuintal ๐Ÿ˜€ cuma pernah sy akumulasi aja bobot sy sendiri sih 70an itu jg sekitar beberapa bulan lalu nimbang di bidan dekat rumah ๐Ÿ˜€ sering bgt bawa penumpang yg badannya tinggi gede dari situ perkiraan sy bobotnya sama spt sy kebetulan tadi pagi sy bawa org spt itu dgn bawaan ransel yg perkiraan sy sekitar 20kg nah dari situ bisa disimpulkan bobot totalnya sekitar 90an. Ban tubeless 70/90 masih sanggup menopang beban sekitar 200 kiloan. Tapi ini ga seperti ban 250 bawaan Honda Grand/Legenda yg baru dipake boncengan 70 + 70kg langsung bocor alus.

DURABILITAS

Karena motor setiap hari mobile ke mana2 kedua ban motor itu melindas berbagai medan jalanan. Sering bgt sy ngelewatin jalanan berkerikil dan tanah jg pernah. Kalo yg berkerikil kita wajib ekstra hati2 ga cuma ban kecil aja sih ban kaki gajah macam punyanya Vixion jg wajib hati2. Kedua ban yg sy pake itu cukup ampuh jg dijalan tanah asal kita jalannya harus lurus jangan zig zag dan begitu keluar dari jalan tanah masuk ke aspal langsung bisa melepas tanah2 yg nempel. Tapi ini asal jgn tanah becek aja kalo itu semua ban motor ga ada yg sanggup kecuali yg kembang tahu macam motocross.

KESTABILAN

Untuk jalan lurus di aspal kering ga ada bedanya sama yg ukuran standar dan yg kaki gajah. Untuk menikung emang ga bisa sampe footstep mentog aspal karena baru miring sekitar 30 derajat aja ban udah kehilangan grip dan kalo jalanan basah jg wajib hati2 sy pernah jajal untuk menikung dengan kemiringan yg wajar ban masih mampu mencengkram aspal basah. Selain itu kalo jalanan basah jg jangan coba2 lari diatas 60 kpj karena saat di rem mendadak buntut motor bakalan maju ke depan dan ini yg bahaya. Kalo ban standar apalagi yg berkualitas masih bisa lurus saat pengereman mendadak sampe roda terkunci masih lumayan stabil dijalanan basah tapi ini skill yg menentukan. Satu lg yg perlu diperhatikan kalo menjejak aspal yg beda tinggi atau marka jalan ban kecil itu bakalan bikin motor oleng.

KESIMPULAN

Kalo dibaca dari bawah ke atas Kestabilan yg selalu jd momok bagi semua pengendara motor sampe banyak yg berdebat soal ini. Kalo yg ini sih sy bilang tergantung kebiasaan aja. Kalo kita ga biasa pake ban kecil terus pengen coba awalnya ya harus hati2 nanti kalo udah terbiasa baru bisa tes manuver. Istilah alay diberikan bagi pemakai ban kecil tapi sy rasa itu kalo ukurannya terlalu kecil misalnya belakang 225 depan 200 emang itu udah terlalu ekstrim dan berbahaya. Tapi kalo cuma turun 1 step ga majalah tuh..Jadinya bohong kalo ban kecil itu membahayakan istilah itu emang benar adanya kalo kita bawaannya pecicilan dijalan kalo dipake hati2 ya gpp.

Durabilitas ban kecil ga beda jauh sama yg ukuran standar dan kaki gajah. Sama aja kalo sy bilang sih.

Kemampuan ban ukuran kecil dalam menopang beban sy lihat jg mungkin sama aja dengan yg standar. Saya yakin bgt dipabriknya semua ban pasti pernah di tes secara ekstrim termasuk beban maksimal yg mampu ditopangnya. Kalo yg ini sy ambil sampel ban bawaan Honda Legenda aja ukurannya 250 masih sanggup dipake boncengan dan itu pasti udah melalui estimasi pabrikannya. Kalo kasus ban bocor yg sy alami saat boncengan dgn Legenda dulu murni karena kurang angin aja.

Dipublikasi di Uncategorized, yamaha force | Tag , , , | Meninggalkan komentar

Motor injeksi. Apakah sudah pantas masuk Indonesia?

Beberapa hari lalu adik sy mengalami kendala sama motor Jupe Z1. Kejadiannya sore dan sempat dibawa ke bengkel umum karena ga ada bengkel resmi disekitarnya.Sama bengkel cuma diganti aki (karena ga tau musti diapain dan awam beranggapan motor injeksi nyawanya ada di aki) tapi tetap aja mogok. Akhirnya di stut pake kaki ke rumah.

Karena menjelang lebaran Beres Yamaha dimana2 menolak karena udah penuh order. Padahal pagi2 bgt kita stut sampe bengkel tsb.Setelah itu sy coba2 ke bengkel umum yg pasang spanduk (dan jg sy jg sering melintas disitu) ‘TERIMA SERVIS INJEKSI’. Setelah sampe disitu mekaniknya jg masih meraba2 soal penyakit si Z1 ini mulai dari analisa pompa bensin, busi sampe kabel2 yg (kemungkinan) rusak digigit tikus (sekali lg kemungkinan) sampe terakhir mo coba2 pasang kiprok baru (dan ini masih ragu jg). Akhirnya kita pasrah aja..Ya udahlah terpaksa seminggu ke depan ini (selama libur lebaran) Z1 nongkrong digarasi.

Gejala mogoknya mirip motor kehabisan bensin bisa jalan tp paling jauh cuma 100m abis itu brebet terus mogok lg. Repotnya lg kalo dipaksa jalan aki lama2 tekor dan ini mau ga mau harus di cas. Kalopun di cas kadang sukses kadang jg bisa mati total dan ini berarti harus beli aki baru lg.

Dari grup2 motor injeksi di FB yg sy intip ada aja keluhan soal injeksi yg bermasalah mulai dari motor menginap di Beres selama berhari2. sampai keluar uang sampai 3 jutaan lebih (biaya yg ga wajar untuk perbaikan motor). Ga sedikit jg cerita miring dari teman2 sy yg pake motor injeksi pernah motornya dipaksa berenang (kalo itu sih kesalahan dianya) sampe ECU ganti total abis sekitar 2 jutaan.Coba kalo motor yg masih karburator? Bongkar bersihkan pasang!

Kalo ngelihat contoh kasus spt itu koq sy jd ‘ill feel’ sama motor injection. Awalnya jg sy beli Force itu jg karena susahnya beli Shogun Axelo secara kredit. Pas mau tanya Jupiter yg karbu jg udah ga ada di Yamaha tinggal Vega RR itupun inden katanya karena stok terakhir tahun 2015 lalu. Ya kalo gini sy niat jual ajalah Force sy mo ganti sama Supra X tua sekalian yg gampang perawatannya bisa dipegang sendiri.

Mana tuh jargon..motor injeksi bebas perawatan??? Malah yg ada bikin kantong konsumen bolong!!!

 

 

Dipublikasi di Uncategorized, yamaha force | Tag , , , , | Meninggalkan komentar